6 Gempa Bumi Paling Dahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia

6 Gempa Bumi Paling Dahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia

JEVPEDIA.COM - Indonesia berada di wilayah Pacific Ring of Fire(Cincin Api Pasifik) yaitu daerah yang sering mengalami bencana alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini.

Menurut sejumlah penelitian, diperkirakan ada 500 ribu gempa yang terjadi setiap tahunnya. Sekitar 100 ribu di antaranya bisa dirasakan manusia.

Dari serangkaian gempa bumi yang terjadi di Indonesia, ada 6 gempa bumi yang tercatat paling dahsyat yang pernah mengguncang Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 gempa bumi paling dahsyat yang pernah mengguncang Indonesia:

1. Aceh (2004)

Minggu pagi 26 Desember 2004, sebuah peristiwa alam besar terjadi di dasar Samudera Hindia, lepas pantai Sumatera. Di dasar bumi, di kedalaman 30 kilometer, lempeng Hindia disubduksi oleh lempeng Burma.

Tepat pukul 07.58 WIB, gempa yang awalnya tercatat berkekuatan 9,1 skala Richter namun telah meningkat menjadi 9,1 dan 9,3 terjadi. Mengguncang hebat Pulau Sumatera, khususnya Aceh. Gempa tersebut menimbulkan gelombang tsunami dengan ketinggian mencapai 30 meter.

Halaman :

Berita Lainnya

Index