Menjaga Kesehatan Mental, 7 Tipe Orang ini yang Harus Kamu Dekati

Menjaga Kesehatan Mental, 7 Tipe Orang ini yang Harus Kamu Dekati
Ilustrasi tipe orang yang harus didekati. (Pexels/THIS IS ZUN)

JEVPEDIA.COM - Kamu tahu gak sih kalau sebenarnya ada beberapa tipe orang yang harus didekati untuk menjaga kesehatan mental dan membuatmu semakin kuat untuk menjalani hidup?

Karena tidak semua orang yang sekarang sedang menjalin hubungan denganmu itu baik untuk kesehatan mental kamu.

Kamu juga harus memilah mana orang yang harus didekati dan mana yang harus dijauhi agar dapat membantumu untuk tetap sehat secara mental dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidup.

Dikutip dari laman Instagram Irma Gustiana A, ada tujuh tipe orang yang harus didekati dan usahakan tetap menjalin hubungan baik dengan mereka.

1. Menginspirasimu

Adakah seseorang yang selama ini menginspirasimu untuk menjadi dirimu yang lebih baik lagi setiap harinya?

Kalau ada, tetaplah dekat dengannya dan bangunlah hubungan baik agar kamu bisa mengetahui apa saja yang ia lakukan selama ini untuk meraih tujuan, sehingga tidak ada kata lelah di dalamnya.

Jangan sungkan bertanya dan belajar dari pengalaman yang dilaluinya selama ini. Kamu bisa menerapkannya di dalam hidupmu, jika itu sesuai dan memang baik untuk dirimu.

2. Mendukungmu

Memiliki orang-orang yang mendukungmu di saat-saat bahagia maupun sulit adalah hal sederhana yang bisa membuatmu merasa bahagia.

Tidak hanya ada dan mau berada di sampingmu ketika kamu sedang bahagia, namun juga mau membantu ketika kamu sedang kesulian dan membutuhkan pertolongan.

Kalau saat ini kamu sudah menemukan orang itu, maka tetaplah terus menjalin hubungan baik dengannya. Jika belum, maka segeralah cari.

3. Selalu penuh rasa syukur

Mensyukuri apapun yang sedang terjadi dan dialami itu ternyata penting banget lho, Hopers! Kenapa? Karena itulah yang akan membuatmu selalu mengingat hal baik sekecil apapun itu.

Tentunya berada di lingkungan dengan orang-orang yang selalu penuh rasa syukur pun akan membuatmu merasa berharga.

Mereka akan selalu menghargai hal sekecil dan sederhana apapun, sehingga kamu menyadari bahwa apa yang kamu miliki sekarang dengan segala pencapaian yang ada pun harus tetap disyukuri.

4. Membuatmu nyaman

Mereka yang bisa membuatmu nyaman tentu saja akan memperlihatkan sisi dirimu yang sebenarnya. Kalau biasanya kamu selalu sungkan untuk bercerita hal-hal yang menurutmu bersifat pribadi, kini tidak lagi.

Kamu akan dengan senang hati menceritakan apapun itu kepadanya, entah itu hanya sekadar cerita, meminta saran atau bahkan mendiskusikan sesuatu.

Menjadi dirimu sendiri ketika bersamanya dan mampu untuk mengekspresikan apa yang sebenarnya sedang kamu rasakan kepadanya.

5. Bisa memahami dan memiliki pengertian

Setiap orang tentunya memiliki perjalanan hidup yang berbeda-beda, karena mereka pun terlahir dari keluarga dengan latar belakang yang berbeda, sehingga situasi dan kondisi yang dihadapi pun juga berbeda.

Namun, bukankah memiliki orang-orang yang bisa memahami dan mengerti keadaanmu akan sangat menyenangkan?

Mereka akan dengan senang hati membantu dan memiliki rasa empati yang tinggi, sehingga memahami betul apa yang sebenarnya sedang kamu rasakan dan alami.

6. Bisa menjadi contoh dalam perilaku yang sehat

Perilaku sehat itu menular lho, Hopers! Jadi, kalau kamu berada di lingkungan yang mayoritasnya sering melakukan tindakan yang baik, bukan tidak mungkin lama-kelamaan dirimu akan ikut masuk ke dalamnya.

Maka, carilah lingkungan dengan perilaku yang sehat agar kamu bisa memperbaiki diri dengan mulai melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil setiap harinya.

Kalau hingga saat ini kamu masih terjebak di dalam lingkungan yang tidak sehat, mulailah untuk segera mencari jalan keluar dan bebaskan dirimu dari sana.

7. Bisa memberikan tantangan

Kamu pernah enggak sih, merasa tertantang hanya karena sebuah perkataan atau melihat kejadian?

Tentunya tertantang untuk melakukan hal yang berdampak positif untuk dirimu sendiri maupun orang lain.

Karena hal itulah secara perlahan pola pikirmu mulai berubah dan sudut pandangmu semakin luas, sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih baik dan dapat mengambil keputusan.

Maka, dekatilah dan bangun hubungan baik dengan mereka yang secara sadar atau tidak telah memberikanmu semangat baru untuk mencapai tujuan.

Itulah tipe orang yang harus kamu dekati untuk menjaga kesehatan mental dan mulailah menjalin hubungan baik dengan mereka.

Halaman :

Berita Lainnya

Index