Ratusan CPNS Mengundurkan Diri, BKN: Alasannya Karena Gaji Yang Terlalu Kecil

Ratusan CPNS Mengundurkan Diri, BKN: Alasannya Karena Gaji Yang Terlalu Kecil
Penerimaan CPNS dan CPNS 2022

JEVPEDIA.COM, JAKARTA - Pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan, jabatan yang ditinggalkan oleh calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang mengundurkan diri akan kosong hingga ada penerimaan CPNS berikutnya.

Sebanyak 100 orang CPNS mengundurkan diri setelah lolos seleksi CPNS 2021. Secara keseluruhan, jumlah peserta yang lulus mencapai 112.513 orang.

"(Posisi yang ditinggalkan) akan tetap kosong sampai ada penerimaan lagi di periode berikutnya," ujar Satya kepada Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Satya pun menyampaikan, setiap tahun ada CPNS yang mengundurkan diri.

Namun demikian, hal itu menjadi masalah lantaran para CPNS tersebut telah mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP).

"Kalau yang mengundurkan diri memang dari tiap seleksi selalu ada. Masalahnya, kalau mengundurkan diri saat penetapan NIP berarti posisi/formasi tersebut akan kosong, tidak terisi," ujar Satya.

Ia sebelumnya mengungkapkan, ada beberapa CPNS yang kaget dengan gaji serta tunjangan yang akan mereka terima sehingga memutuskan mengundurkan diri.

"Kaget melihat gaji dan tunjangan," ujar Satya saat dimintai konfirmasi Kompas.com, Kamis (26/5/2022). Satya mengatakan, CPNS yang sebenarnya sudah lulus itu merasa gaji sebagai PNS yang ditawarkan terlalu kecil.

Hal tersebut tak selaras dengan ekspektasi para CPNS yang memutuskan mengundurkan diri ini. "Ada yang mengaku kehilangan motivasi, dan lain-lain," ucap dia.

Satya menyayangkan langkah mereka yang mengundurkan diri. Seharusnya, kata Satya, para peserta CPNS mencari informasi seperti jumlah gaji dan tunjangan terlebih dahulu sebelum mendaftar dan mengikuti proses seleksi.

"Intinya nampaknya beberapa tidak mencari informasi cukup waktu melamar," kata Satya.
 

Berita Lainnya

Index