5 Contoh Korupsi di Kantor yang Jarang Disadari, Hindari Hal Ini!

5 Contoh Korupsi di Kantor yang Jarang Disadari, Hindari Hal Ini!
5 Contoh Korupsi di Kantor yang Jarang Disadari, Hindari Hal Ini!
JEVPEDIA.COM - Korupsi mungkin selama ini memiliki stigma yang negatif, namun justru kerap kali dikaitkan dengan uang semata. Meski memang benar, makna korupsi sejatinya bisa sangat luas. Mengambil hak-hak yang bukan menjadi miliki seseorang juga termasuk ke dalam korupsi meskipun bukan dalam konteks uang. Kamu perlu memahami beberapa contoh korupsi berikut ini yang sering terjadi di kantor, namun justru jarang disadari.

1. Molor dalam mengumpulan pekerjaan

Contoh yang satu ini sering dikaitkan sebagai korupsi waktu. Tentunya tidak bijak untuk bersikap cuek dalam mengumpulkan pekerjaan yang semestinya. Jika kamu justru molor dari ketentuan deadline, hal ini bisa menunjukkan ketidakprofesionalanmu. Selain itu, kamu juga akan dicap sebagai seseorang yang gemar korupsi waktu.

2. Datang terlambat dan pulang lebih cepat

Hal lain dari korupsi waktu adalah ketika seseorang salah persepsi mengenai waktu kerja. Semestinya, datanglah ke kantor dengan tepat waktu serta pulanglah ke rumah saat sudah jam kerja selesai. Justru yang keliru adalah ketika kamu datang dengan terlambat, namun pulang dengan lebih cepat. Hal ini bisa menunjukkan tipikal dirimu yang senang melakukan korupsi waktu.

3. Memanipulasi data pekerjaan

Manipulasi data pekerjaan juga sering kali dilakukan bagi sebagian besar pegawai. Biasanya seseorang yang melakukan manipulasi data justru memiliki tujuannya tersendiri dan hal tersebut kadang selalu negatif. Hal ini semakin buruk apabila yang dimanipulasi adalah data keuangan. Bisa jadi tindak korupsi dilakukan dalam hal ini.

4. Menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi

Kamu mungkin diberikan banyak kenyamanan dan pelayanan dari kantor berupa fasilitas. Fasilitas yang diberikan juga bisa beragam, mulai dari rumah, kendaraan, alat elektronik, sampai uang. Jika kamu menggunakan fasilitas tersebut dengan baik dan sesuai fungsinya, tentu tidak masalah. Hal yang keliru apabila kamu menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Jelas saja hal itu juga termasuk tindakan korupsi.

5. Gemar melakukan copy paste untuk pekerjaan

Hal fatal yang sebaiknya tidak boleh kamu lakukan dalam bekerja adalah melakukan copy paste. Tindakan ini sama saja dengan mencuri milik orangtua dan melakukan klaim atas kepemilikan diri sendiri. Selain termasuk dalam tindak korupsi, kamu juga akan dicap sebagai sosok yang tidak profesional. Ketidakmampuan dalam menyelesaikan pekerjaan akan membuatmu kehilangan kepercayaan. Memahami contoh dari tindakan-tindakan korupsi di atas tentu akan membantumu menghindari hal-hal tersebut. Jangan sampai tindakan itu dijadikan hal yang wajar dan lumrah. Hindari segala tindakan korupsi saat bekerja, ya!     (Sc : IDN Times)

Berita Lainnya

Index