Menurut Psikolog, 5 Tanda Ini Buktikan Jika Seseorang Memiliki Mental Kuat! Cek, Termasuk Kamu?

Menurut Psikolog, 5 Tanda Ini Buktikan Jika Seseorang Memiliki Mental Kuat! Cek, Termasuk Kamu?
|||||
JEVPEDIA.COM - Belakangan ini isu kesehatan mental menjadi salah satu topik yang ramai diperbincangkan. Banyak orang pun yang kini makin aware dengan kesehatan mentalnya sendiri, dan berusaha untuk mengatasinya dengan berbagai cara. Sayangnya, di samping hal ini ada saja berseliweran fakta-fakta tidak benar terkait kesehatan mental di masyarakat. Salah satu yang sempat ramai adalah tentang seperti apa tanda mental kuat yang dimiliki oleh seseorang. Menjawab hal ini dan meluruskan fakta ketidakbenaran tentang tanda mental yang kuat, Hotpascaman Simbolon, seorang Psikolog dan Dosen di Medan membagikan beberapa tandanya sesuai yang telah ia pelajari selama menjadi psikolog ini. Nah seperti apa tanda mental kuat? Berikut penjelasan selengkapnya, seperti yang dilansir dari unggahan video TikTok Hotpascaman Simbolon.

1. Paham dan Menerima Dirinya

 width= Tanda Seseorang Memiliki Mental Kuat/ Foto: Freepik.com Tanda pertama seseorang memiliki mental yang kuat adalah ia dapat paham dan menerima dirinya. Tentu saja dengan kita paham dan mampu menerima diri sendiri dengan baik, akan mudah bagi kita menjalani berbagai macam rintangan dalam hidup. Bukan orang lain yang harus paham dan menerima diri kita, tapi diri kita sendirilah yang harus paham dan memulainya.

2. Mampu Mengelola Emosi Positif dan Negatif

 width= Tanda Seseorang Memiliki Mental Kuat/ Foto: Freepik.com Tidak semua orang selalu dalam keadaan baik. Ada masanya dia memiliki emosi positif, ada juga waktunya ia sedang tidak baik dan memiliki emosi negatif. Seseorang yang memiliki mental kuat adalah ia yang bisa dan mampu mengelola emosi positif dan negatif ini dengan sebaik mungkin. Bukan ia yang selalu ada di emosi positif, tapi lebih kepada bisa dan mampu mengelola segala emosi yang dirasakan dengan sebaik mungkin.

3. Menjaga Interaksi dengan Lingkungan dengan Tidak Selalu Ikut Tuntutan Sosial

 width= Tanda Seseorang Memiliki Mental Kuat/ Foto: Freepik.com/tirachardz Selanjutnya, seseorang yang memiliki mental kuat adalah ia yang dapat menjaga interaksi dengan lingkungan sekitar dengan tidak selalu ikut tuntutan sosial. Dimana kehadiran orang lain di sekitarnya ini dijadikannya sebagai referensi bukan prioritas. Dengan ini, ia bisa tetap bahagia menjalani hidupnya dan tidak stres karena selalu ikut tuntutan sosialnya.

4. Paham dengan Progress Pengembangan Diri

 width= Tanda Seseorang Memiliki Mental Kuat/Foto: Pexels.com/AndreaPiacquadio Namanya hidup tentu selalu berproses. Seseorang yang memiliki mental kuat adalah ia yang paham dengan progress pengembangan dirinya. Karena bukan orang lain, ialah yang harus paham dengan pengembangan dirinya sendiri. Sehingga jika sewaktu-waktu ada masalah yang harus ia alami, ia sendirilah yang memang bisa mengatasinya dengan baik.

5. Tahu Situasi untuk Meminta Tolong dan Mampu Bersyukur

 width= Tanda Seseorang Memiliki Mental Kuat/ Foto: Unplash.com/Anthony Tran Tanda seseorang memiliki mental kuat yang terakhir adalah ia tahu situasi yang buat dirinya meminta pertolongan dan mampu merayakan kebersyukuran dengan cara yang tepat. Tentu saja setiap orang tidak selalu berada dalam kondisi baik, ia yang memiliki mental kuat bukan berarti tidak boleh menerima bantuan dari luar, tapi ia harus tahu kapan waktunya meminta tolong. Atau saat ia merayakan keberhasilannya, seseorang dengan mental yang kuat harus tahu bagaimana cara tepat merayakannya.     (Sc : Beautynesia)

Berita Lainnya

Index