Hati-hati, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami Saat Tidur!

Hati-hati, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami Saat Tidur!
JEVPEDIA.COM - Siapa sih yang nggak suka tidur? Pasti kamu suka banget jika diberi waktu yang panjang untuk tidur, entah itu di siang atau malam hari. Apalagi, tidur yang cukup selama 8-10 jam per hari mampu mengembalikan energimu dan membuat badanmu jadi segar kembali. Akan tetapi, di balik nyenyaknya tidur, ada beberapa hal mengerikan yang bakal kamu alami. Benarkah begitu? Apa saja kira-kira? Ketika kamu terlelap, alam bawah sadar akan bekerja dan tubuhmu akan masuk dalam stase ketidaksadaran yang tinggi. Saat itulah, kamu harus waspada sebab bakal terjadi banyak hal mengerikan. Buat kamu yang penasaran, Jaka bakal sajikan deretan hal mengerikan yang bakal kamu alami saat tidur. Selamat membaca!

1. Hypnic Jerk

1 6cf70 Pernahkah kamu mengalami mimpi terjatuh dari gedung atau tempat yang tinggi? Pasti kamu bakal langsung terbangun dalam kondisi kaget. Nah, inilah yang disebut hypnic jerk. Banyak yang mengatakan bahwa kondisi ini terjadi karena kita gagal masuk dalam astral projection ataupun karena efek makhluk halus. Padahal, penyebab hypnic jerk sendiri bisa terjadi karena kelelahan, kurang tidur, kecemasan, dan rasa tidak nyaman. Jadi bukan seperti film horor yang bikin kita trauma di masa kecil ya!

2. Sleep Apnea

2 Bf952 Sleep apnea atau tidur apnea adalah suatu gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang terhenti sementara selama beberapa kali. Saat kondisi ini terjadi, penderita bisa berhenti bernapas selama sekitar 10 detik. Hal ini bisa berulang hingga ratusan kali dan sangat berbahaya, loh! Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menderita sleep apnea, mulai dari penuaan hingga obesitas. Satu-satunya cara mencegahnya adalah membiasakan diri hidup sehat dan olahraga teratur.

3. Sindrom Kepala Meledak

3 Cfc76 Kalau dilihat dari namanya sepertinya ngeri banget ya! Meskipun begitu, bukan berarti kepala para penderitanya bakal meledak, loh! Mereka yang menderita sindrom ini bakal mengalami kesulitan tidur, mengingat pada fase tidur, mereka bakal mendengar suara-suara asing dari telinga. Suara tersebut pun bervariasi, mulai dari tembakan pistol, denging halus, kembang api, teriakan, bahkan sampai dentuman yang cukup keras.

4. Sleep Paralysis / Tindihan

4 09f39 Nah, fenomena ini yang paling sering dialami oleh kita semua. Bayangkan saat kita tiba-tiba terbangun dalam kondisi badan kaku dan nggak bisa digerakkan, pasti bikin panik! Belum lagi pengalaman beberapa orang yang mendapat penglihatan makhluk halus selama fenomena tersebut terjadi. Nggak heran banyak yang mengatakan fenomena ini sebagai "ketindihan/tindihan" makhluk halus. Sebenarnya, hal ini terjadi bukan karena faktor supranatural seperti di film-film horor terbaik, melainkan ketidaksinkronan otak dengan syaraf tulang belakang yang terjadi saat tiba-tiba bangun.

5. Lucid Dream

5 95cb9 Siapa yang pernah mengalami lucid dreaming? Singkatnya, lucid dream adalah sebuah mimpi ketika seseorang sadar bahwa ia sedang bermimpi. Dengan kata lain, kamu mampu berpartisipasi secara aktif dan mengubah pengalaman imajinasi di dalamnya. Kalau dipikir-pikir mirip banget konsepnya seperti film Inception garapan Christopher Nolan. Meskipun begitu, kamu tetap harus hati-hati, karena kamu bakal susah membedakan mana realita dan mana mimpi. Jangan sampai kamu ngompol gara-gara dalam mimpi, kamu lagi ada di kolam renang ya! (Sc : jalantikus)  

Berita Lainnya

Index