Himbauan Kepala Dinas P2KBP3A Inhil: Kesehatan Ibu Hamil Kunci Menurunkan Angka Stunting

Himbauan Kepala Dinas P2KBP3A Inhil: Kesehatan Ibu Hamil Kunci Menurunkan Angka Stunting

Jevpedia.com - Kabupaten Indragiri Hilir, 27 April 2024 - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat (P2KBP3A) Inhil, Sirajuddin, mengeluarkan imbauan penting bagi para ibu hamil dalam upaya menjaga kesehatan dan mencegah angka stunting yang masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah.

Sirajuddin menegaskan pentingnya perhatian terhadap kesehatan ibu hamil sebagai kunci dalam mencegah stunting, kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita yang dipicu oleh kekurangan gizi.

"Pentingnya menjaga kesehatan dan kebahagiaan ibu hamil tidak bisa diabaikan. Kesehatan ibu hamil mempengaruhi kesehatan calon bayi dan kesejahteraan keluarga secara keseluruhan," ujarnya.

Beliau menekankan bahwa kebahagiaan ibu hamil juga perlu diperhatikan, karena stres dan ketidakbahagiaan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya.

"Dalam menjaga kebahagiaan, ibu hamil diimbau untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin, mengikuti kelas ibu hamil, dan mematuhi anjuran gizi serta penggunaan tablet tambah darah," tambahnya.

Selain itu, Sirajuddin juga menggarisbawahi pentingnya mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan dan melakukan persalinan di fasilitas layanan kesehatan untuk meminimalkan risiko stunting.

Sementara Tim Penggerak PKK Kabupaten Indragiri Hilir melalui kader-kader posyandu terus melakukan upaya pencegahan dan penurunan angka stunting melalui sosialisasi dan inovasi-inovasi yang terus dikembangkan.

"Sehat itu dimulai dari diri kita sendiri. Mari kita jaga kesehatan kita dan keluarga kita, serta dukung upaya pencegahan stunting untuk masa depan yang lebih baik bagi generasi penerus," tutup Sirajuddin dengan penuh semangat.

Upaya ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam menekan angka stunting dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir secara keseluruhan.

Berita Lainnya

Index