Empat OPD Dipanggil Komisi IV DPRD Pekanbaru

Empat OPD Dipanggil Komisi IV DPRD Pekanbaru
Suasana hearing

PEKANBARU - Komisi IV DPRD Pekanbaru kembali memanggil hearing empat OPD Pemko sekaligus guna membahas R-APBD Murni 2024, Senin (30/10/2023).

Empat OPD mitra kerjanya sekaligus dipanggil hearing tersebut ialah, Dinas PUPR, Bappeda, DLHK dan BPKAD Pekanbaru. Dan Ketua Komisi IV Nurul Ikhsan, langsung memimpin jalannya hearing di dampingi anggota lainnya Wan Agusti, Firmansyah, Roni Pasla dan Pangkat Purba SH.

Dari empat OPD yang dipanggil itu, hanya Dinas PUPR yang langsung dihadiri kadis nya, yakni Kepala Dinas PUPR Edwar Riansyah. Sedangkan tiga OPD lainnya, diwakili Sekretaris Bappeda Hadianto, dan BPKAD diwakili kepala bidangnya Yasin bersama staf, serta DLHK juga dihadiri para kepala bidangnya.

”Hearing ini adalah harus kita lakukan, makanya, kita panggil empat OPD sekaligus,” ujar Nurul.

Dalam hearing, masing-masing OPD pun langsung memaparkan program kerjanya untuk tahun depan. Sebagaimana diketahui, berdasarkan KUA-PPAS R-APBD 2024, anggaran untuk Dinas PUPR disiapkan Rp222,4 miliar, Bappeda Rp22,3 miliar, BPKAD Rp59,6 miliar dan DLHK Rp118 miliar.

Sekretaris Bappeda Hadianto, mengatakan, semua usulan dan aspirasi yang masuk ke OPD-nya, berdasarkan sistem dan rigit. Karenanya, jika ada usulan atau aspirasi yang tidak terealisasi, itu berarti tidak masuk dalam RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah).

Anggota Komisi IV Roni Pasla saat bertanya dalam rapat

Ketua Komisi IV Nurul Ikhsan saat memimpin rapat

”Untuk tahun 2023 ini saja, usulan yang masuk ke kami dari semua pihak, termasuk dari Pokir, sebanyak 3.692 usulan. Namun belum semuanya bisa dilaksanakan,” terangnya.

Hal yang sama juga dipaparkan tiga OPD lainnya, Dinas PUPR, DLHK dan BPKAD. Masing-masing OPD menyampaikan, anggaran yang diusulkan tahun depan tersebut, didominasi dari usulan masyarakat. Terutama di Dinas PUPR, berkaitan dengan perbaikan jalan rusak dan sebagainya.

”Kita sudah siapkan anggaran untuk perbaikan jalan rusak prioritas sebesar Rp15 miliar, untuk 6 ruas jalan. Namun jumlah ini bisa bertambah, sesuai dengan kekuatan keuangan daerah nantinya,” sebut Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edwar Riansyah.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Nurul Ikhsan pun menegaskan, bahwa dari hearing empat OPD ini, pihaknya sudah mendapatkan gambaran apa saja kegiatan yang akan dilaksanakan tahun depan.

Terutama kegiatan yang bersentuhan dengan keinginan masyarakat banyak, seperti perbaikan jalan rusak, penanganan sampah ke arah yang lebih baik, serta kegiatan lainnya. (Galeri)

Pihak Dinas yang hadir saat hearing

Pihak Komisi IV yang hadir saat hearing

Berita Lainnya

Index