Dinas P2KBP3A Inhil : Setiap Alat Kontrasepsi Memiliki Manfaat

Dinas P2KBP3A Inhil : Setiap Alat Kontrasepsi Memiliki Manfaat

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyebutkan Setiap alat kontrasepsi memiliki manfaat. Tapi, ada pula yang bisa menimbulkan dampak pada kondisi tertentu.

Kepala dinas P2KBP3A Inhil menjelaskan bahwa setiap alat kontrasepsi memiliki manfaat yang berbeda. Misalnya, alat kontrasepsi yang mengandung progesteron seperti implan satu batang atau suntik 3 bulan bisa mencegah anemia karena umumnya tidak akan mengalami haid.

Lanjutnya, Sedangkan IUD bukan alat kontrasepsi hormonal, sehingga aman digunakan pada Bunda yang mengalami kondisi medis tertentu, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, gangguan punya masalah metabolik dan kardiovaskuler.

"Jadi sebenarnya banyak orang cocok pakai hormon, tapi ada kondisi di mana orang tersebut tidak bisa pakai hormon, seperti gangguan metabolisme, kardiovaskuler, tekanan darah tinggi, dan stroke, ini bisa pakai yang hormonal," katanya.

Sebutnya lagi, kalau siklus haid  masih bagus, bisa pakai pil KB kombinasi. Sementara itu, bagi ibu menyusui dapat menggunakan pil KB progestron karena tidak mengganggu produksi ASI.

"Pihak BKKBN sudah menyediakan itu semua. Bahkan pihak swasta juga kini menyediakan pil-pil KB yang bisa membuat kulit halus, mengurangi jerawat, dan mengatasi nyeri haid," ujarnya

Khusus untuk kondom juga penting, Kondom dapat mencegah infeksi menular seksual (IMS) yang bisa berdampak pada kesehatan reproduksi Bunda, Ayah, dan pada bayi baru lahir.

Berita Lainnya

Index