Manfaatkan Potensi Lokal, Desa Mugomulyo Kec. Sungai Batang, Ciptakan Inovasi

Manfaatkan Potensi Lokal, Desa Mugomulyo Kec. Sungai Batang, Ciptakan Inovasi

Jevpedia.com - Camat Sungai Batang Abu Bakar, SH terus mengingatkan perangkat kerja Pemerintah Kacamatan  melalui tim Inovasi yang telah dibentuk sesuai dengan  Surat Keputusan Nomor : Kpts.02.1/SB-PKP/I/2022 tentang Pembentukan Tim Pengelola Inovasi Daerah YUNI OLIGA “Yuk Nikmati Olahan Ikan Gabus” di Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2022, agar setiap tahun dapat melahirkan minimal dua inovasi baru.

Hal ini disampaikannya disela-sela rapat evaluasi dan koordinasi lurah dan kepala desa se-Kecamatan Sungai Batang     Selasa 20 Juni 2023 di Aula Kantor Camat Sungai Batang. 

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menegaskan kembali hal tersebut, bahwa setiap Desa dan Kelurahan, minimal melahirkan satu inovasi setiap tahunnya,” ujar Abu Bakar.

Tak hanya itu, Camat dengan perawakan kekar tinggi itu meminta agar  tim yang dibentuk melaksanakan tugas fungsi pendampingan kepada masing-masing desa kelurahan  untuk bisa melahirkan inovasi dan mengemasnya seapik mungkin.

Sejalan dengan apa yang telah diinstruksikan Camat Sungai Batang Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kantor Camat Sungai Batang selaku ketua tim telah mengusulkan penetapan inovasi selanjutnya dituangkan dalam Surat Keputusan Camat Sungai Batang Nomor : Kpts.02/SB-PKP/I/2022 tentang Penetapan Inovasi Daerah di Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2022.

Yang salah satunya adalah YUNI OLIGA “Yuk Nikmati Olahan Ikan Gabus”.  Rancang bangun “YUNI OLIGA”  “YUk NIkmati OLahan Ikan Gabus”. Ini adalah pemanfaatan Potensi lokal berupa Ikan Gabus (Ophiochepalus striatus) yang hidup secara alami di Kecamatan Sungai Batang. 

Tahapan yang akan dilaksanakan adalah,  Bimbingan Teknis dan pembinaan oleh Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan/Kelurahan/Desa sebagai organisasi kemasyarakatan yang mempunyai tugas membantu Kecamatan/Kelurahan/Desa dan merupakan mitra dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Tim Penggerak PKK Kecamatan Sungai Batang telah membuat terobosan dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha masyarakat dengan mengelola potensi yang ada di Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir.

Kegiatan ini berupa pengolahan Ikan Gabus menjadi Hidangan dengan varian baru, lebih menarik, enak dan sehat yang bersumber dari komoditas IKAN GABUS (Channa striata),  Ketua Tim Penggerak PKK Desa Mugomulyo selaku kelompok pengelolah Yuni Oliga Haniah, S.Ag mengatakan “tujuan inovasi ini adalah Meningkatkan minat masyarakat untuk gemar makan ikan gabus, selama ini masyarakat lebih memilih ikan air laut dibandingkan ikan air tawar khususnya ikan gabus, juga Merobah pola fikir masyarakt untuk memanfaatkan potensi local sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat”. tuturnya.

Kepala Desa Mugomulyo Drs. Romdon berharap banyak inovasi YUNI OLIGA mampu mengangkat potensi lokal melalui kearipan lokal, pengembangan Sumberdaya Manusia dan penguatan ekonomi kerakyatan.  “Inovasi Yuni Oliga yuk Nikmati Olahan Ikan Gabus Desa Mugomulyo diharapkan menjadi motor penggerak roda ekonomi masyarakat, dengan meningkatkan produktifitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan  serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan. hingga pada akhirnya. meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa.”pungkasnya.

Berita Lainnya

Index