Tembulun Ruso Batu Ampar

Tembulun Ruso Batu Ampar

Jevpedia.com - Tembulun adalah sebutan untuk Air Terjun oleh masyarakat setempat. Tembulun Rusa memiliki ketinggian mencapai 18 meter, dengan kedalaman kolamnya sekitar 1,5 meter dan sudut kemiringan 45 derajat.  Di sisi alur air terjun ini terdapat keunikan berupa bebatuan yang menyerupai anak tangga untuk naik ke atas. 

Objek wisata air ini terletak di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kebupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Obyek wisata nan eksotis ini dapat dicapai hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Pusat Desa Batu Ampar.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, penamaan Tembulon Ruso atau Tembulun Rusa ini.

Dikarenakan di area air terjun tersebut selalu menjadi tempat bermain bagi hewan rusa, sehingga rusa yang bermain di sekitaran air terjun tersebut terjatuh ke dalam air terjun, sehingga masyarakat setempat menyebutnya dengan nama RUSO.

Air Terjun Tembulun Rusa ini Wisata Tersembunyi Negeri Seribu Jembatan. Debit Air Terjun dari Tembulun mengalir cukup deras, Sehingga menantang para pecinta alam untuk melakukan olahraga Arum jeram.

Salah satu keindahan yang ditawarkan oleh air terjun Tembulun adalah pemandangan alam di sekitarnya selain memang air terjunnya yang terkenal sangat jernih.

Untuk menuju lokasi Air Terjun ini, dari Desa Batu Ampar menulusuri jalan lintas timur menggunakan kendaraan roda empat. Yakni, dengan menelusuri jalan setapak dan menempuh hutan yang berbukit dengan jarak sejauh lebih kurang 2 Km kearah utara.

Halaman :

Berita Lainnya

Index