Pohon Mersawa Gergasi Bukit Condong

Pohon Mersawa Gergasi Bukit Condong

Jevpedia.com - Pohon Mersawa Gergasi atau raksasa salah satu pohon yang dapat kita temui di Lembah Bukit Condong Kelurahan Selensen Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir - Riau.

Pohon ini berada hanya sekitar 200 meter dari Camping Ground Bukit Condong ditepian Sungai Selensen Salak.

Lebih dari 30 meter tingginya menjulang, disalah satu sisi pangkal pohonnya jika dijejerkan berdiri  9 (sembilan) orang dewasa baru dapat tertutupi.

Pohon Mersawa ini dan lingkungan sekitarnya begitu teduh dan sejuk walaupun kita datang ketempat ini disiang hari. Oksigen alami yang sesungguhnya dihasilkan hutan alam tropis dapat kita rasakan.

Pohon Mersawa ini merupakan jenis kayu yang berkualitas dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan, furnitur dan aneka kerajinan berbahan kayu.

Pada acara pucak Hari Pers Nasional 2020, Minggu tanggal 08 Februari 2020 Presiden Joko Widodo meresmikan langsung Taman Hutan Hujan Tropis dan Hutan Pers Taman Species Endemik Indonesia di Kawasan Kantor Gubernur Provinsi Kalsel di Banjarbaru.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penanaman simbolis pohon raksasa jenis Mersawa oleh Presisden Joko Widodo. Pohon tersebut berusia 14 tahun dengan ketinggian sekitar 10 meter telah ditanam sejak tahun 2004 di Arboretum Balai Litbang LHK Banjarbaru.

Untuk sementara tidak perlu ke Banjarbaru Kalimantan Selatan melihat tegakan pohon Mersawa.

Datang saja Ke Bukit Condong Selensen tegakan pohon Mersawa yang lebih tinggi lurus merupakan salah satu fhoto spot yang sangat menarik jika kita berkunjung ke Camping Ground Bukit Condong.

Berita Lainnya

Index