Air Terjun 86 Tempat Wisata Yang Asri dan Eksotik di Inhil

Air Terjun 86 Tempat Wisata Yang Asri dan Eksotik di Inhil

JEVPEDIA.COM - Air Terjun 86 yang ada di Indragiri Hilir sangat menarik,  terletak di Dusun Simpang Pendowo, Desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning Indragiri Hilir.

Dinamakan Air Terjun 86 karena lokasinya terletak di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur. Air Terjun yang berada di Taman Nasional Bukit Tigapuluh ini pempunyai ketinggian sekitar 20 meter, dengan kemiringan sudut hampir 90 derajat, debit airnya cukup besar sehingga dari jarak 10 meter saja Anda sudah dapat merasakan hempasan Air Terjun 86 ini.

Air Terjun ini merupakan hulu dari Sungai Nderlang. Debit airnya akan tetap stabil meskipun sedang musim kemarau, jadi Anda yang ingin berkunjung ke Air Terjun 86 ini tidak perlu khawatir mengenai cuaca.

Pada tahun 90an, tempat wisata ini pernah di kelola oleh perusahaan yang berada di sekitar lokasi jalur 86, yang kemudian di ambil alih oleh warga sekitar pada pertengahan tahun 90an, namun pengelolaan tersebut tidak berjalan lama dan sekarang tidak terlalu terurus lagi.

Air Terjun 86 memiliki air berwarna kehitaman dan dinding dengan bebatuan yang terbentuk secara alami. Di sekitarnya juga terdapat pepohonan yang rindang, sehingga menciptakan paduan suasana asri dan eksotik.

Selain air terjun yang indah, terdapat fasilitas bagi pecinta alam untuk melakukan camping, yang berada di atas bukit atau tepatnya di atas sekitaran air terjun, dan untuk mencapainya Anda harus melewati jalan setapak yang cukup terjal untuk sampai di camping ground. Namun jangan kawatir, karena akan ada pemandu/penjaga yang akan membantu Anda untuk melakukan camping di sekitaran air terjun tersebut.

Jarak tempuh menuju ke Air Terjun 86 ini memerlukan waktu sekitar 5 jam dari Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir yaitu Kota Tembilahan, Berjarak sekitar 14 km dari jalan raya Lintas Timur Sumatra, atau 4 km dari Selensen. Karena kondisi jalan ke obyek wisata ini berupa jalan tanah, sehingga dapat dicapai hanya kendaraan roda dua atau bisa juga Anda menggunakan kendaraan roda empat seperti sejenis Jeep.

Halaman :

Berita Lainnya

Index