Dalduk lakukan Bimbingan Dalam Pemutakhiran Data

Dalduk lakukan Bimbingan Dalam Pemutakhiran Data

Inhil,_ Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)  gelar Pemutakhiran Data tahun 2023 dimulai pada bulan Mei. Kegiatan diadakan di balai KB kuala Lahang kec Gaung, Senin (29/5/2023). 

Pemutakhiran PK-21 tahun 2023 yang dimulai pada Mei ditujukan untuk meningkatkan akurasi data bagi sasaran percepatan penurunan stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem. 

Kabid Dalduk  Subowo radiyanto, mengatakan, pada akhir 2022 BKKBN telah menyelesaikan pemutakhiran PK-21 tahun 2022, disesuaikan dengan amanat peraturan perundangan bahwa setiap tahun data harus dimutakhirkan.

"Hal tersebut membuat data dan indikator, hasil analisis serta bagaimana pemanfaatan data keluarga kepada publik secara lebih luas," katanya.

Pemutakhiran PK-21 tahun 2022 telah dimanfaatkan sebagai basis kebijakan dalam program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana), percepatan penurunan stunting, penghapusan kemisikinan ekstrem, dan program pembangunan lainnya.

 

“dengan BKKBN sangat terbuka dan mendorong pemanfaatan data dan informasi yang dihasilkan dan dipublikasikan dari Pendataan Keluarga, tentu mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam menjaga kerahasiaan data individu. Kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah tentunya dapat juga melakukan verifikasi dan validasi data di lapangan,” Tuturnya. 

Berita Lainnya

Index