BKKBN Inhil Melaksanakan Pelatihan Orientasi Bagi Tim Pendamping Keluarga Sungai Batang

BKKBN Inhil Melaksanakan Pelatihan Orientasi Bagi Tim Pendamping Keluarga Sungai Batang

Inhil.- Dalam rangka percepatan penurunan angka stunting Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan pelatihan Orientasi bagi Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Sungai Batang.

Selaku Sekretaris Dp2kbp3a inhil melalui Edwin sebagai Penata KKB Ahli muda Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Ahli Muda, Menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas terselenggaranya orientasi bagi tim pendamping keluarga di Kelurahan ini. 

“Dengan adanya TPK ini, nantinya akan turun langsung ke lapangan sehingga mengetahui masalah yang ada di lingkup terkecil di tingkat Desa/Kelurahan hingga keluarga,” Ujar Edwin SE, sebagai Penata KKB Ahli muda. 

Ia berharap, Selain itu para stakeholders diharapkan dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam mensosialisasikan Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan sebagai salah satu upaya Pencegahan dan Percepatan Penurunan Stunting di inhil khususnya Pelangiran. 

"Kita berharap dari pembekalan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri kader TPK dalam melakukan pendampingan pada kelompok sasaran terutama kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wahana dalam menambah informasi bagi para peserta serta terwujudnya sinergitas antara pemerintah dalam pelaksanaan program 1000 Hari Pertama Kehidupan, " Tuturnya Edwin SE, sebagai Penata KB Ahli muda. 

Terkhir, kegiatan ini berikan pemahaman, edukasi, dan pendampingan atau konseling kepada keluarga,mulai dari tingkat remaja, calon pengantin (Catin), calon pasangan usia subur, dan ibu hamil serta ibu menyusui. Sehingga mereka akan memahami dan dapat merencanakan kehidupan berumah tangga yang sejahtera.

“Tugas dari TPK adalah mendampingi keluarga. Komunikasi, edukasi, dan laporkan. Sasarannya, yakni calon pengantin (catin), ibu hamil, pasca persalinan dan baduta/balita. Dengan harapan tidak akan ada stunting-stuntig baru di Kabupaten  inhil," tutupnya Edwin SE, sebagai Penata KB Ahli muda. 

Berita Lainnya

Index