Gendre Harus Dijaga Untuk Masa Depan

Gendre Harus Dijaga Untuk Masa Depan

Inhil - Program GenRe (Genarasi beRencana) adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda.

Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pranikah dan Napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan. GENRE (GENerasi beREncana) adalah program yang dikembangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan kelompok sasaran program, yaitu:

-Remaja yang berusia 10-24 tahun tapi belum menikah

-Mahasiswa/mahasiswi yang belum menikah

Keluarga

-Masyarakat yang peduli terhadap kehidupan para remaja

Tujuan dikembangkannya program Genre oleh BKKBN adalah untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi para remaja dalam hal:

Jenjang pendidikan yang terencana

Berkarir dalam pekerjaan yang terencana

Menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi.

Kabid BKKBN inhil, Drs H. Asril, menyatakan bahwa program GenRe (Generasi Berencana) mengajak para remaja untuk meningkatkan peran dalam merencanakan masa depan berkeluarga yang bebas dari kekerdilan pada anak (stunting).

“Forum GenRe Indonesia adalah sebuah program strategis BKKBN yang digerakkan oleh remaja untuk memberikan edukasi kepada rekan sebaya, mengenai pentingnya merencanakan masa depan. Kita bersyukur bisa bertemu dengan remaja-remaja dari Sabang sampai Merauke,” ujar Kabid BKKBN inhil, Drs H. Asril.

Ia menyatakan bahwa GenRe dibentuk sebagai upaya menguatkan peran remaja Indonesia dalam mempercepat penurunan angka prevalensi stunting yang masih 24,4 persen.

"Melalui GenRe, para remaja akan diajak untuk mengenal dan memahami lebih dekat batasan usia perkawinan, masalah pendidikan serta pentingnya pengetahuan terkait kesehatan reproduksi," Katanya. 

Lanjutnya, Adapun tiga masalah remaja yang saat ini berusaha diselesaikan oleh BKKBN melalui forum GenRe yakni tingginya pernikahan dini, pergaulan atau seks bebas dan penggunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza).

"Program ini bukan hanya Sebagai bentuk keseriusan BKKBN dalam membangun remaja Indonesia yang penuh perencanaan dan tangguh tetapi mendidik anak atau remaja ke arah yang positif untuk masa depannya,"Tuturnya Kabid BKKBN inhil, Drs H. Asril. 

Berita Lainnya

Index