Kenali Aplikasi Elsimil Bisa Edukasi Masyarakat

Kenali Aplikasi Elsimil Bisa Edukasi Masyarakat

Inhil, -Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ikut serta dalam terobosan teknologi untuk mencegah stunting pada bayi yang baru lahir. Aplikasi yang bisa diunduh melalui Playstore ini diberi nama Elsimil yang merupakan akronim dari Elektronik Siap Nikah dan Hamil.

Kepala Dinas DP2KBP3A Inhil,  Drs H. Sirajudinn MM, mulai Kabid BKKBN Inhil, Drs H.Asril,mengatakan terobosan ini sebenarnya sudah lama di galakan hanya perlu dan perhatian kembali karena Elsimil sebagai inovasi dari BKKBN ditujukan kepada calon pengantin dan remaja agar paham terhadap pencegahan stunting.

"Dengan menggunakan teknologi tentunya sangat mendukung kenerja bersama karena Stunting merupakan sebuah kondisi gagal pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak- anak akibat kurangnya asupan gizi dalam waktu lama, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),"Ujar Kabid BKKBN Inhil, Drs H.Asril.

Lanjutnya,Untuk mencapai target penurunan prevalensi 14 persen pada 2024 itu BKKBN terus melakukan berbagai upaya, salah satunya melalui aplikasi Elsimil. 

"Melalui Sepekan Elsimil kami mengedukasi para calon pengantin dan remaja. Kenapa remaja dijadikan sasaran? Karena remaja mungkin dalam dua atau lima tahun ke depan sudah masuk ke dalam jenjang pernikahan. Makanya kami libatkan dan dijadikan sasaran Sepekan Elsimil. Adanya Sepekan Elsimil ini maka para calon pengantin dan remaja itu paham bagaimana mencegah anak-anak mereka dari stunting,"katanya.

Ia berharap,  Sepekan Elsimil dibagsehingga dapi tiga kegiatan utama. Pertama adalah kampanye melalui berbagai media yang digerakan oleh komunitas Genre Indonesia. Kedua adalah TPK (Tim Pendamping Keluarga) Beraksi, dan ketiga TPK (Tim Pendamping Keluarga) Bercerita sehingga dapat membantu masyarakat. 

“dengan terobosan ini adalah sebuah Edukasi dan kepedulian pemerintah kepada masyarakat, baik remaja, calon mantin dan ibu hamil, terutama untuk keluarga, maka dari itu kita bersama sama dukung program pemerintah,"harapnya Kabid BKKBN inhil Drs H Asril. 

Berita Lainnya

Index