Pentingnya Lakukan Penimbangan Bayi

Pentingnya Lakukan Penimbangan Bayi

inhil.-Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan kehadiran Gerakan Penimbangan Bulanan Nasional merupakan waktu yang baik untuk mulai mengukur pertumbuhan setiap bayi secara valid dan serentak.

“Gerakan ini adalah sebuah inovasi dan momentum agar penimbangan bayi di seluruh wilayah di Indonesia, khusus di inhil sehingga dapat seragam dan diharapkan dapat meningkatkan validitas pengukuran angka prevalensi stunting serta meminimalisasi perbedaan data e-PPGBM dengan SSGI secara signifikan,” ujar Kabid BKKBN inhil, Drs H. Asril.

Ia menambahkan, Gerakan Penimbangan Bulanan Nasional bisa dimanfaatkan sebagai momentum yang sangat baik, karena memberikan bukti konkret dalam melaksanakan lima pilar percepatan penurunan stunting.

Pilar pertama yang dimaksud adalah komitmen para kementerian/lembaga yang telah berjalan dengan sangat baik. Kedua komunikasi, informasi dan edukasi yang masif, pilar ketiga yaitu konvergensi dimana mengerucutnya sumber daya tertuju kepada permasalahan stunting.

Sementara pilar keempat adalah penyediaan bahan pangan, serta kelima tentang dampak dan inovasi. Kehadiran gerakan tersebut pun, dinyatakan memenuhi implementasi dari pilar yang terakhir.

"Rasa terima kasihnya pada semua pihak terkait yang terus memperluas inovasi guna menurunkan angka prevalensi stunting yang berdasarkan Survey Status Gizi Indonesia (SSGI), " Katanya.

Ia juga berterima kasih pada pemerintah daerah Khususnya dinas Kesehatan yang berkerjasama memberikan pelayanannya dan banyak mulai membuat beragam inovasi baik dari program daerah maupun kebijakan daerah, agar penanganan stunting digencarkan sampai di level desa.

"Dengan melakukan anjuran kesehatan kondisi kesehatan anak bisa terpantau secara rutin.Hal itu bertujuan supaya tidak ada lagi perdebatan perbedaan data antara e-PPGBM dengan SSGI, " Tuturnya Kabid BKKBN inhil, Drs H. Asril .

Berita Lainnya

Index