Kaum Ibu di Inhil Diajak Cek Kehamilan dan Balitanya ke Tim Pendamping Keluarga

Kaum Ibu di Inhil Diajak Cek Kehamilan dan Balitanya ke Tim Pendamping Keluarga

JEVPEDIA.COM - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau bersama Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir(Inhil) melaksanakan kegiatan Internalisasi Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Selasa 21 Maret 2023.

Kegiatan yang digelar Kantor Dinas DP2KBP3A Inhil dalam rangka percepatan penurunan stunting ini diikuti oleh kader BKB,Tim Pendamping Keluarga, Penyuluh KB, ibu hamil, ibu yang memiliki balita di bawah usia 2 tahun.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya ibu hamil dan ibu baduta tentang pola asuh yang baik dari masa kehamilan hingga anak usia 2 tahun.

"Jadi para peserta diberitahu apa saja yang harus dilakukan pada masa kehamilan dan ibu yang memiliki balita 2 tahun terkait dengan pola nutrisi maupun asuhnya, dengan harapan mampu menurunkan angka stanting di Inhil," kata Tim Kerja Pengasuhan 1000 HPK BKKBN Riau, Muhammad Mulya Darma.

Dijelaskannya, pada tahun 2022 angka stunting di Inhil tergolong tinggi, yaitu peringkat ke 12 dari 12 Kabupaten/Kota di Riau.

"Inhil ini tingkat stuntingnya tinggi, untuk itu BKKBN bekejasama dengan DP2KBP3A Inhil terus menggencarkan sosialisasi dan promosi 1000 HPK  agar masyarakat maupun ibu hamil memahami pola asuh yang baik," terang Mulya.

Terakhir, ia mengajak para ibu hamil maupun ibu yang memiliki balita untuk rutin mengecek kehamilan maupun balitanya ke tim pendamping keluarga yang telah dibentuk di tiap desa maupun di tempat fasilitas kesehatan lainnya.

"Semoga dengan kegiatan ini para ibu mampu memahami pola asuh yang baik sehingga mampu menurunkan angka stanting," imbuhnya. (Advetorial)

Berita Lainnya

Index