TPK Kecamatan Gaung Dapat Pelatihan dari DP2KBP3A Inhil Terkait Stunting

TPK Kecamatan Gaung Dapat Pelatihan dari DP2KBP3A Inhil Terkait Stunting

JEVPEDIA.COM - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Gelar pelatihan bagi Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kecamatan Gaung, Senin 13 Maret 2023.

Kegiatan yang digelar di Ruang Pertemuan Kantor Balai KB Kecamatan Gaung dan diikuti peserta dari setiap perwakilan Desa ini bertujuan untuk percepatan penurunan angka stunting di wilayah setempat.

Sekretaris DP2KBP3A Inhil melalui Edwin, Penata KKB Ahli Muda Kependudukan dan Keluarga Berencana mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya orientasi bagi tim pendamping keluarga di Kecamatan Gaung.

"Dengan adanya TPK ini, nantinya akan turun langsung ke lapangan, sehingga mengetahui masalah yang ada di lingkup terkecil di tingkat Desa/Kelurahan hingga keluarga," ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, peserta diberikan pemahaman, edukasi dan pendampingan atau konseling kepada keluarga mulai dari tingkat remaja, calon pengantin (Catin), calon pasangan usia subur, dan ibu hamil serta ibu menyusui. Sehingga mereka akan memahami dan dapat merencanakan kehidupan berumahtangga yang sejahtera.

"Tugas dari TPK adalah mendampingi keluarga. Komunikasi, edukasi, dan laporkan. Sasarannya, yakni calon pengantin (catin), ibu hamil, pasca persalinan dan baduta/balita. Dengan harapan tidak akan ada stunting-stuntig baru di Kabupaten  inhil," tambah Edwin.

Dengan adanya orientasi TPK ini diharapkan dapat memberikan pembekalan pengetahuan dan pengalaman bagi para petugas Tim Pendamping Keluarga (TPK) di masing-masing desa dan pendampingan keluarga beresiko stunting dapat lebih maksimal sehingga output yang diharapkan bisa menurunkan jumlah stunting.

"Kita berharap dari pembekalan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri kader TPK dalam melakukan pendampingan pada kelompok sasaran," imbuhnya. (Advetorial)

Berita Lainnya

Index