Tujuan dari berpakaian seperti tuyul ini ternyata adalah mengaburkan identitas supaya tidak dikenali banyak orang.

Viral 2 remaja berpenampilan mirip ‘tuyul’ curi kotak amal masjid

JEVPEDIA.COM – Melalui rekaman CCTV, terlihat dua remaja pria terlihat mengambil kotak amal yang terletak di bagian luar masjid. Anehnya, kedua remaja tersebut tidak berpakaian lengkap dan terlihat seperti tuyul karena hanya mengenakan pakaian dalam, masker, dan juga penutup kepala.

Dikutip dari Liputan6.com, pelaku pencurian kotak amal yang terjadi di Nagari Batang Barus, Sumatera Barat pada Minggu (5/9) ini telah berhasil diamankan. Ternyata aksi pela pun masih di bawah umur, yakni RL (15) dan MF (14).

RL dan MF pun sempat dianggap sebagai tuyul, namun dari pihak kepolisian pun memberikan klarifikasi. Kasat Reskrim Polres Kabupaten Solok, Iptu Rifki Yudha Ersanda menyatakan, “Bukan tuyul tapi mereka sengaja berpakaian seperti itu,” ungkapnya pada Selasa (7/9).

Tujuan dari berpakaian seperti tuyul ini ternyata adalah mengaburkan identitas supaya tidak dikenali banyak orang. Ide untuk mengaburkan identitas ini muncul setelah teman dari pelaku berhasil dikenali karena pakaian yang ia kenakan.

Tak hanya beraksi di satu masjid saja, RL dan MF juga mencuri kotak amal di tempat lain. “Kedua pelaku sudah beroperasi di dua tempat dengan mencuri kotak amal, kerugian sekitar Rp 400 ribu,” ujar Iptu Rifki.

Pelaku pencurian pun berhasil ditangkap tanpa melakukan perlawanan pada Senin malam (5/9) dengan barang bukti uang sebesar Rp 155 ribu. Atas perbuatan yang dilakukan, keduanya terancam Pasal 362 Junto 363 KUHP atas tindakan pencurian. Dengan hukuman penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 900 ribu. (Sc : Brilio.net)

 

Check Also

BEM Kampus Agama Islam Se-Indonesia Dukung Polisi Hukum Bahar bin Smith

JEVPEDIA.COM – Bahar bin Smith telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *