Kepala DP2KBP3A Inhil : Peran Kader IMP Penting untuk Pertahankan Keberhasilan Program KB

Kepala DP2KBP3A Inhil : Peran Kader IMP Penting untuk Pertahankan Keberhasilan Program KB

Jevpedia.com - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan pertemuan peningkatan kapasitas kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) bagi Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD).

Kegiatan yang berlangsung di aula Hotel Arista Tembilahan pada tanggal 19-21 Maret 2023 ini diikuti 20 peserta yang berasal dari 20 kecamatan di Kabupaten Inhil.

Kepala DP2KBP3A Inhil Sirajuddin mengatakan, IMP pada hakikatnya merupakan wadah pengelolaan dan pelaksanaan program KB Nasional mulai dari tingkat desa/keluruhan, dusun/RW hingga tingkat RT. 

"Saat ini, khususnya pada otonomi daerah peran Kader IMP sangatlah penting dan menjadi satu kekuatan yang dapat diandalkan untuk tetap dapat mempertahankan keberhasilan program KB di masyarakat," ujarnya.

Tanpa adanya peran Kader IMP di Indonesia khususnya Kabupaten Inhil, lanjut Sirajuddin, maka dipastikan Program KB tidak akan berjalan.

"Tanpa Kader IMP, Program KB di Indonesia dipastikan tidak akan berjalan lagi dan tidak akan mampu mempertahankan keberhasilan yang dicapai," terangnya.

Untuk diketahui, materi peningkatan Kapasitas Kader IMP disampaikan langsung oleh perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau, yakni Penata KKB Ahli Muda, Ronaldi Inanda dan narasumber dari Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan DP2KBP3A Inhil.

Adapun materi yang dibahas dalam pertemuan ini tentang Peningkatan Kapasitas Kader IMP bagi PPKBD Kabupaten Indragiri Hilir, Implementasi Sistem Informasi Keluarga (SIGA), Pencatatan Pelayanan KB dan Pengendalian Lapangan (Dalap) di Aplikasi New SIGA dan cara pengoperasian Aplikasi.(Advetorial)