Rasakan Sensai Wisata Tracking Bukit Api Panjang Pulau Burung

Rasakan Sensai Wisata Tracking Bukit Api Panjang Pulau Burung

JEVPEDIA.COM - Kabupaten Indragiri Hilir ini berlokasi di bagian Timur Provinsi Riau atau terletak di sebelah timur pesisir Pulau Sumatera. 

Pulau ini resmi terbentuk pada tanggal 14 Juli 1965. Dikarenakan letak Kabupaten Indragiri Hilir di Pantai Pesisir Pulau Sumatera, maka tempat ini termasuk ke dalam kategori daerah pantai. Garis pantai ini memiliki panjang 339,5 km.

Mengacu pada posisi dan letaknya yang cukup strategis, Kabupaten Indragiri HIlir ini memiliki harapan yang cukup tinggi untuk pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah, dikarenakan letaknya dekat dengan pusat pertumbuhan ekonomi seperti Karimun dan Batam, serta berposisi di tempat yang bisa mengakses ke luar maupun dalam negeri.

Kabupaten Indragiri Hilir ini adalah daerah rawa dan pantai pasang surut dengan sungai yang tersebar hampir di semua kecamatan. Selain terdapat selat, terusan dan sungai juga banyak parit-parit untuk mengontrol arus air di saat pasang surut, oleh karena itu wilayah ini banyak dikenal dengan sebutan “Negri Seribu Parit”.

Salah satunya Objek wisata Pulau Burung yaitu Bukit Api Panjang merupakan salah satu bukit yang terletak di Kecamatan Pulau Burung, Provinsi Riau. 

Untuk menuju ke objek wisata ini wisatawan harus menggunakan moda transportasi air dan juga darat. Wisatawan harus menaiki speed boat selama 15 menit dari Kecamatan Pulau Burung dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1,5 km dan akan melewati hutan mangrove dan juga berbagai perkebunan warga. 

Bukit ini memiliki ketinggian yang lumayan tinggi jika dibandingkan dengan bukit yang ada di sekitarnya dengan ketinggian kurang lebih 60 meter. Dari puncak bukit ini wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam yang sangat indah. 

Terlihat pemandangan aneka ragam burung yang berterbangan dan keindahan pulau-pulau yang merupakan bagian dari kabupaten di Kepulauan Riau. Di bukit ini terdapat hutan-hutan yang terdapat Pohon Nibung, yang saat ini jarang ditemukan. Selain itu, di kaki bukit ini terdapat sebuah goa yang dihuni ribuan kelelawar. Oleh penduduk sekitar, Goa tersebut dinamakan Goa Api Panjang.

Bukit Api ini memiliki panjang 60 meter. Apabila anda melihat ke arah Timur Laut, terlihat panorama pulau-pulau kecil yang masih bagian dari kabupaten Kepulauan Riau. Di dalam hutan bukit ini masih banyak pohon Nibung untuk bisa anda temukan. Pohon ini sejenis palem liar yang sekarang sudah mulai jarang keberadaannya.

Di kaki bukit ini terdapat sebuah goa yang ditempati oleh ratusan bahkan ribuan kelelawar liar. Oleh penduduk setempat diberi nama Goa Api Panjang. Goa tersebut tidak bisa dimasuki oleh banyak orang dalam waktu bersamaan, goa ini hanya bisa dimasuki satu badan manusia baik itu merayap atau berbaring. (Adv)