Akibat Posting Jalan Rusak, Ketua RT di Inhil Diberhentikan Dengan Tidak Hormat Oleh Kades

Akibat Posting Jalan Rusak, Ketua RT di Inhil Diberhentikan Dengan Tidak Hormat Oleh Kades
Jalan Rusak Yang di Postingan Akun Facebook Milik Zul Bakar

JEVPEDIA.COM - Perangkat Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) khususnya RT punya aturan yang berbeda baik dalam hal pengangkatan dan pemberhentiannya. Atas hal tersebut maka setiap Kepala Desa wajib memahami aturan teknis pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa dan RT dan juga berkoordinasi dengan Perangkat Daerah teknis di tingkat Pemerintah Kabupaten agar tidak menyalahi prosedur dan terhindar dari potensi penyalahgunaan wewenang sebagai Kepala Daerah di tingkat desa.

Saat ini tengah viral di akun media sosial facebook milik @zul bakar (25-02-2023) dengan postingan “Saya rt. Yang terpilih oleh masyarakat dengan memosting jalan yang rusak maka saya diberhentikan jadi rt oleh kepala desa yang katanya tidak mau kerjasama untuk pembangunan yang rusak. biyarkan saja seperti yang digambar, banyak kaur dan pejabat lain seperti rw dan kadus yang tidak mau diajak korup diberhentikan oleh kepala desa. Bagaimana desa mau maju kalau pemimpin yang seperti ini” tulisnya.

Lebih lanjut pemilik akun facebook memposting “Saya rt memosting ini atas permohonan masyarakat. Kalau bukan saya takada yang mau melapor karna selalu ditakuti berbagai hal contoh nyata bagi masyarakat rt di berhentikan karna tidak patuh melapor kan hal buruk pembangunan desa. jadi apaguna baliho pembangunan yang tertulis segala bangunan itu wajib diawasi masyarakat” tulis pemilik akun facebook Zul Bakar.

Tren terkait permasalahan desa memang cenderung meningkat, jika biasanya hanya seputar SOP layanan atas suatu produk layanan tertentu tapi saat ini substansi laporannya lebih beragam. Di antarnya tentang potensi maladministrasi seorang Kepala Desa dalam memberhentikan Perangkat Desa dan RT sebagai LKD. 

Menanggapi hal tersebut wartawan Jevpedia.com menghubungi Kepala Desa tersebut melalui whatsapp (28-02-2023) namun tidak ada respoan.