Sulit Tidur, Ini 3 Tips Sederhana agar Berhenti Begadang!

Sulit Tidur, Ini 3 Tips Sederhana agar Berhenti Begadang!

JEVPEDIA.COM - Kebiasaan begadang selain bisa memperparah stres juga buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit. Kebiasaan ini juga yang membuat kita mudah mengalami insomnia. Meskipun, begadang bukan satu-satunya penyebab insomnia, tapi ada baiknya kita tidak keseringan begadang apa lagi jika bukan karena suatu hal yang mendesak atau yang memang mengharuskan kita begadang. 

Berhenti begadang di malam hari memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun, kita bisa mencobanya dengan beberapa tips berikut ini. 

Tiga tips sederhana agar berhenti begadang:

1. Rutin Membaca Buku Sebelum Tidur

Tips membaca buku sebelum tidur bisa kita terapkan secara rutin. Dengan membaca buku mata kita akan lebih cepat lelah sehingga membantu kita untuk lebih cepat tertidur. Selain membantu kita cepat tidur, membaca buku juga baik untuk kesehatan otak kita. Selain itu, pastikan kita mematikan ponsel. Karena ponsel akan membuat kita ketagihan dan lupa waktu. 

2. Menjaga pola makan

Tips berikutnya, menjaga pola makan. Makanlah makanan sehat, sayuran yang mengandung serat serta susu dan buah-buahan yang kaya vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Hindari keseringan mengkonsumsi makanan junk-food. Hindari juga makan larut malam atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, serta makanlah dalam porsi yang cukup jangan berlebihan. Kebiasaan mengatur pola makan ini tentu akan memudahkan kita mengatasi kesulitan tidur di malam hari. 


3. Rutin berolahraga

Selain menjaga pola makan, kita juga harus rutin berolahraga. Tidak masalah meski dengan olahraga sederhana dan ringan saja asal dilakukan dengan rutin makan akan memberikan manfaat yang baik dan menyehatkan. Lakukan olahraga ini di pagi hari dan lakukan olahraga ringan sebelum tidur agar otot tubuh dan juga mata menjadi rileks. Olahraga juga bisa membantu kita mengatasi stres, sehingga kita bisa mengalihkan pikiran dan hal-hal negatif ke kebiasaan yang positif. 

Nah, itulah tiga tips sederhana agar berhenti begadang di malam hari yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Meskipun tampaknya sederhana, tapi membutuhkan niat yang besar untuk melakukannya secara rutin hingga menjadi kebiasaan hidup. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menghentikan kebiasaan buruk itu. Selama ada kemauan dan usaha maka apapun bisa terwujud. 
 


 

Sumber : Yossy.id