5 Tips agar Tidak Miskomunikasi dengan Pasangan, Jangan Main Kode-kodean Terus!

5 Tips agar Tidak Miskomunikasi dengan Pasangan, Jangan Main Kode-kodean Terus!

JEVPEDIA.COM - Salah satu kunci penting untuk memiliki hubungan asmara langgeng adalah komunikasi yang baik dengnan pasangan. Sayangnya standar komunikasi yang baik setiap orang mungkin berbeda. Hal inilah yang kemudian bisa menimbulkan miskomunikasi dan memicu konflik.

Adakah tips agar tidak miskomunikasi dengan pasangan? Dilansir dari laman Mind Body Green, berikut lima tips jitu untuk menghindari miskomunikasi dengan pasangan.

1. Bersikap saling terbuka

Keterbukaan merupakan kunci terpenting dalam suatu komunikasi dalam hubungan. Jangan sesekali Anda berbohong pada pasangan, karena satu kebohongan dapat membawa Anda ke kebohongan lainnya.

Selain itu, jika ada konflik, upayakan untuk selalu segera membahasnya. Berfokuslah untuk mencari jalan keluar tanpa perlu mengkhawatirkan kemungkinan adanya konflik lainnya.

2. Saling menghargai satu sama lain

Sangat penting dipahami bahwa setiap orang ingin didengar dan dipahami, terutama saat mereka sedang berpendapat. Di awal hubungan asmara, cobalah untuk memberi tahu bagaimana kebutuhan Anda secara fisik dan emosional.

Sikap saling menghargai dan memaklumi satu sama lain akan membuat semua orang merasa nyaman. Anda dan pasangan akan sama-sama mendapat timbal balik hubungan sehat dan penuh kasih sayang.

3. Jangan suka kode-kodean

Hindari menebak dan bertindak berdasar asumsi tentang apa yang mungkin mereka pikirkan. Menebak dan memprediksi reaksi pasangan Anda sering kali justru berdampak negatif bahkan membuat frustasi, hingga pertengkaran.

Jika memiliki sesuatu yang mengganjal, lebih baik komunikasikan dengan serius apa yang mengganggu Anda pada pasangan. Harapannya, pasangan Anda akan bereaksi lebih baik jika Anda membiarkan mereka tahu persis apa yang Anda pikirkan.

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Oleg_bf Oleg Borisov)

4. Hargai setiap tindakannya

Memberitahu pasangan bahwa Anda memiliki rasa cinta dan bersyukur bisa menjadi pasangannya adalah hal yang penting dilakukan.

Ungkapan rasa cinta tidak harus selalu dilakukan dengan memberi hadiah mahal. Cukup dengan mengucapkan terima kasih atas tindakan yang mereka lakukan. Contohnya saat pasangan Anda menjemput Anda atau menemani menonton film favorit Anda.

5. Rencanakan kencan yang menyenangkan

Tidak perlu setiap hari, namun sebaiknya Anda tetap merencanakan kencan secara rutin. Kencan rutin ini akan menunjukkan bahwa hubungan Anda adalah prioritas dan sama pentingnya dengan hal-hal lain dalam kehidupan sibuk Anda.

Untuk memanfaatkan waktu kencan secara maksimal, ada baiknya untuk menentukan apa yang sebaiknya dibahas dan dihindari. Pasangan Anda mungkin sedang kelelahan saat itu dan menolak membahas pekerjaan. Hargailah keputusan tersebut supaya kencan berjalan dengan nyaman.


 

 

 

Sumber : Suara.com