Sepela, 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Dikucilkan

Sepela, 5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Dikucilkan

JEVPEDIA.COM - Dikucilkan orang lain tentu sangat menyebalkan. Tidak ada satu pun orang yang mau mengalaminya. Saat dikucilkan, kamu akan merasa sendirian dan nantinya sulit untuk meminta pertolongan saat butuh.

Namun, bagaimana kalau ternyata kamu dikucilkan karena punya lima kebiasaan berikut? Di mana kebiasaan ini menurutmu sepele, tapi agi orang lain justru bikin ilfeel. Apa saja kira-kira? Baca terus sampai selesai biar bisa segera diperbaiki.

1. Tidak pakai deodoran

Semakin banyak bergerak saat beraktivitas, makin banyak juga keringat yang dikeluarkan tubuh dan bisa menimbulkan bau badan. Bau ini kadang tidak disadari oleh diri sendiri, tapi tercium oleh orang lain dan membuat mereka risih.

Bahkan tidak jarang orang yang bau badan ini menjadi topik obrolan orang-orang di sekitarnya. Sebab, mereka sudah tidak tahan, tapi enggan menegur karena takut  kamu tersinggung.

Nah, kalau saat ini kamu masih belum pakai deodoran, segera pakai, ya. Usahakan untuk selalu tampil wangi supaya orang lain nyaman dekat denganmu, sehingga kamu juga tidak dijauhi dan bisa berteman dengan penuh percaya diri.


2. Memandang orang lain dari sisi negatif

Saat mengobrol, orang-orang akan saling memperhatikan isi obrolan. Kalau sering mengincar keburukan orang yang tidak disuka sambil mengajak teman untuk ikut membenci, lama-lama kamu akan dijauhi setelah fakta yang sebenarnya terungkap.

Sebaiknya jangan membiarkan pikiran negatif dan rasa rendah diri menguasai kamu. Berhenti membuang waktu memikirkan cara menyingkirkan orang yang kamu benci, di saat dia tidak melakukan apa-apa.

Kalau kamu merasa rendah diri, berusahalah untuk berubah demi menambah nilai diri. Hindari membenci orang yang menurutmu lebih hebat. Sebab, hal tersebut tidak ada manfaatnya dan hanya akan menunjukkan kalau kamu adalah pribadi yang tidak berkualitas.


3. Selalu mengeluh, tapi tidak mau berubah

Kehidupan sekolah, dunia kerja, maupun keluarga semuanya pasti melelahkan dan akan selalu diisi dengan masalah yang kecil hingga besar. Mengeluh memang bukan hal yang salah dan bisa dilakukan untuk menghibur diri.

Tapi, kalau kamu selalu mengeluh setiap waktu sambil menuntut orang lain memenuhi ekspektasimu, perlahan orang di sekitar juga akan muak dan mulai menjauh. Kalau situasi saat ini tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, jangan menyalahkan orang lain, ya.

Sebab, setiap hal yang terjadi hari ini adalah hasil dari pilihan kamu di masa lalu. Cobalah untuk lebih sabar, turunkan ekspektasi pada orang lain dan istirahat sejenak kalau lelah dengan rutinitas. Selamatkan dirimu agar tidak dikuasai pikiran negatif.

4. Mengejek status hubungan orang lain

Status hubungan orang lain, entah itu lajang, menikah ataupun bercerai adalah urusan mereka. Kalau saat ini kamu sudah punya pasangan, jangan mengejek mereka yang masih berusaha mencari pasangan.

Jangan juga mencerca mereka yang memilih bercerai. Kita tidak pernah tahu sepenuhnya hal apa saja yang pernah mereka alami. Berhenti memaksakan standar hidup kamu pada orang lain. Lebih baik fokus saja jalani hidup masing-masing.

5. Merusak barang yang dipinjam

Saat meminjam barang, kembalikan tepat waktu dengan kondisi yang utuh. Kalau barangnya rusak, walau pun tidak sengaja, usahakan untuk meminta maaf dan ganti rugi. Jadilah orang bertanggung jawab supaya hubungan pertemanan tidak merenggang.

Jangan sampai kamu dicap sebagai orang yang tidak tahu diri oleh teman-teman di sekitar. Berikan juga tambahan hadiah sebagai bentuk terima kasih setelah meminjam. Tidak perlu mahal yang penting bisa bermafaat bagi orang tersebut.

Lima kebiasaan tadi sepintas terlihat sepele, tapi bisa menimbulkan dampak yang cukup besar bagi diri sendiri maupun orang lain. Ayo berusaha memperbaiki diri supaya tidak lagi dikucilkan orang sekitar.


 

Sc : IDNTimes