Rahasia Otak Cerdas Leonardo da Vinci, Seniman Brilian Sepanjang Masa

JEVPEDIA.COM – Leonardo da Vinci dikenal sebagai seniman yang melukis Monalisa dan Perjamuan Terakhir. Dua lukisan ini menjadi masterpiece karena menyimpan banyak misteri dan makna. Untuk melukis, Leonardo da Vinci bukan hanya mengandalkan kreativitas dan imajinasinya saja. Ia diketahui sampai melakukan riset mendalam untuk membuat lukisannya tampak nyata.

Selain menjadi seniman, Leonardo da Vinci juga merupakan ilmuwan yang dikenal dengan kejeniusannya. Berikut ini adalah rahasia kecerdasan Leonardo da Vinci yang belum diketahui banyak orang.

Selalu Ingin Tahu

Leonardo da Vinci selalu ingin tahu penyebab dari hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Keinginannya tidak muluk-muluk. Ia penasaran dengan hal yang terjadi di sekitarnya saja, misalnya mengapa burung bisa terbang, bagaimana struktur tubuh manusia dan fenomena alami lainnya. Tidak berhenti di situ saja, Leonardo da Vinci berusaha menjawab rasa ingin tahunya tersebut dengan banyak membaca buku.

Pameran seni ‘Leonardo Opera Omnia’ di Jakarta

Lukisan Monalisa Karya Leonardo da Vinci/ Foto: Istimewa

Melakukan Uji Coba

Selesai mencari tahu dari buku, Leonardo da Vinci belum merasa puas. Ia pun membandingkan teori yang telah ia pelajari dengan uji coba yang ia lakukan sendiri. Saat penasaran mengapa burung bisa terbang, Leonardo da Vinci membeli burung dan melepaskannya ke alam terbuka. Ia mengamati bagaimana cara burung mengepakkan sayapnya.

Contoh lainnya, untuk menciptakan detail di lukisan Monalisa, Leonardo da Vinci dikabarkan sampai membedah mata mayat manusia untuk mempelajari detail pada bagian mata.

Lukisan Perjamuan Terakhir Karya Leonardo da Vinci/ Foto: Getty Images/iStockphoto/sedmak

Menggabungkan Logika dan Seni

Pada abad 15 ada banyak seniman hebat dan ada banyak juga ilmuwan hebat. Namun, tidak banyak yang bisa menjadi keduanya. Leonardo da Vinci mematahkan teori ini karena ia merupakan seniman sekaligus ilmuwan hebat yang hidup di masa itu.

Leonardo da Vinci gemar menggabungkan logika dan seni untuk menghasilkan karya emasnya. Pada lukisan Monalisa dan Perjamuan Terakhir, Leonardo da Vinci menggabungkan logika struktur wajah dan tubuh manusia untuk menghasilkan lukisan yang indah dan emosional.

Tidak Menyerah pada Keadaan

Leonardo da Vinci tidak pernah menempuh pendidikan formal karena kondisi keluarganya yang tidak memungkinkan saat itu. Meski begitu, keadaan ini tidak membuatnya menyerah. Leonardo da Vinci tetap tumbuh menjadi anak yang punya rasa ingin tahu besar dan selalu mencari jawaban untuk rasa ingin tahunya ini.

 

 

 

(Sc : Beautynesia)

Check Also

4 Fakta Penemuan Patung Kuno di Ladang Warga, Penemu Sampai Kesurupan Beberapa Kali

JEVPEDIA.COM – Penemuan benda bersejarah peninggalan nenek moyang, masih saja terjadi di Indonesia. Hal ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *