Oknum Polantas Pungli Minta Sekarung Bawang, Polda Metro Jaya Minta Maaf

JEVPEDIA.COM –  Citra Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tercoreng akibat ulah salah satu anggotanya, yang berpangkat Aipda dengan inisial PDH. Dia terbukti melakukan pungli terhadap seorang sopir truk, dengan meminta sekarung bawang.

Atas ulah oknum Polantas itu, Direktur Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo, pun secara terang-terangan meminta maaf kepada masyarakat.

“Untuk itu, kami minta maaf apabila masih ada perilaku anggota kami yang melukai hati masyarakat. Laporkan. Khususnya di wilayah hukum saya,” katanya, dikutip dari kanal YouTube milik Polda Metro Jaya, Rabu (3/11/2021).

Tempat melapor Polantas yang didapati memungut Pungli itu, lanjut Kombes Sambodo, bisa dilaporkan langsung ke WhatsApp dengan nomor 081298911911.

“Laporkan. Baik di pelayanan SIM, STNK, penindakan di jalan, silakan lapor ke sini. Sampaikan waktu, TKP, kalau perlu bukti foto atau foto sehingga kami bisa melakukan penindakan dan meningkatkan peran masyarakat,” pintanya.

“Masih banyak polisi baik di jalan. Tetapi ini semua dicederai oleh prilaku oknum yang merugikan masyarakat,” sambung perwira polisi tiga melati ini.

Saat ini, oknum polantas berinisial PDH itu sudah dipindahtugaskan Bintara Yanma Polda Metro Jaya.

“Sudah dilakukan pemeriksaan oleh Propam Polda dan langsung dicabut (dicopot), dipindahtugaskan ke PMJ. Di Bintara Yanma sementara ini, sambil menjalani pemeriksaan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri, Selasa (2/11/2021).

Selain dipindahtugaskan, kata Yusri, yang bersangkutan juga dilakukan penahanan. Penahanan sendiri dalam rangka proses pemeriksaan sidang kode etik. “Iya (ditahan) ini masih tunggu hasil pemeriksaan,” ujarnya.

Sebelumnya, video viral di media sosial yang memperlihatkan anggota polisi lalu lintas (polantas) yang memeras sopir truk yang ditilangnya. Aksi polantas itu diketahui terjadi di kawasan Tangerang.

Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @Pasifisstate, tampak anggota polantas tersebut memeras sang sopir. Barang yang diminta oleh oknum polisi tersebut kepada sang sopir truk bukanlah uang, melainkan sekarung bawang yang kebetulan isi truk tersebut adalah bawang. (ishak/fajar)

Check Also

Gonta-ganti Seragam Satpam: Dulu Putih Ganti Cokelat, Dibilang Mirip Polisi, Kini Jadi Krem

JEVPEDIA.COM – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan kembali mengubah warna seragam Satuan Pengamanan atau Satpam. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *