Negara Apa di Dunia yang Tidak Punya Ibu Kota?

JEVPEDIA.COM – Negara apa di dunia yang tidak punya ibu kota?

Dijawab di Quora Indonesia oleh Budiman Ramadhan:

Salah satunya adalah Nauru, ini di luar negara yang bentuknya cities state seperti Monaco, Singapura, dan lain-lain ya

 

Bendera Nauru

 

 

Letaknya disini[1]

Fakta tentang Nauru, referensi dari sumber [2], (mohon koreksi terjemahannya quorawan)

  • Banyak yang bilang kalau Nauru itu “Yaren”, tapi sebenarnya tidak. Bahkan punya kota saja tidak. Distrik Yaren itu sebenernya daerah paling selatan yang isinya bangunan penting.
  • Negaranya kecil, mungkin karena sangat kecil pasti tidak pernah tau kalau negara ini ada, mempunyai setidaknya 9,400 penduduk di bawah 10.000. Bayangkan dengan Johar Baru, kecamatan terpadat di Jakarta yang mencapai 60.933 per km²
  • Punya luas daratan yang lebih kecil daripada semua negara, kecuali Vatikan (0,49 km²)dan Monako (2,02 km²), Yakni 20,98 km², masih luas Tangerang Selatan yang 147,2 km²

 

  • Pada saat kemerdakaanya pada tahun 1968, Nauru adalah negara terkaya di dunia, karena mempunyai cadangan fosfat yang sangat berharga, berasal Guano, tinja burung laut. Tapi ekonomi runtuh ketika tinja burung laut habis, menyebabkan pengangguran naik 90 persen disertai obesitas, makanan fast-food barat juga jadi pemicunya.
  • Situasi di Nauru jadi sangat krusial, karena harus terpaksa mengimpor tahanan agar mencegah kebangkrutan (mungkin semacam membuat rumah tahanan yang dapat disewa), Nauru menjadi semacam Guantanamo dari bumi selatan, menerima banyak pencari suaka Australia di luar negeri dengan bantuan asing. Pusat penahanan terletak di distrik meneng di Timur Yaren, tempat yang sama dengan kediaman Presiden Nauru.

(Sc : Quora) 

 

 

Check Also

Kisah Pilu Wanita yang Jadi Budak Seks ISIS, Tak Sadar Makan Bayinya Sendiri Dihidangkan dengan Nasi

JEVPEDIA.COM – Kejadian memilukan dialami oleh seorang wanita yang dijadikan sebagai budak seks ISIS.Kisah wanita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *