Lama tak muncul, bos Alibaba Group, Jack Ma dilaporkan terlihat di pulau Mallorca, Spanyol.

Lama Hilang, Jack Ma Terlihat Melancong di Spanyol, Saham Alibaba Langsung Naik

JEVPEDIA.COM – Lama tak muncul, bos Alibaba Group, Jack Ma dilaporkan terlihat di pulau Mallorca, Spanyol. Berita itu ikut diembuskan oleh dua surat kabar lokal pada pada Rabu (20/10), di mana mereka mengaku melihat Ma dan kapal pesiar mewahnya berlabuh.

South China Morning Post (SCMP) milik Alibaba pada Selasa (19/10) juga sempat memberitakan soal keberangkatan Ma ke luar negeri. Dikatakan saat itu bahwa Ma mengunjungi Spanyol dalam rangka ‘studi tur tentang pertanian’. Dia melakukan perjalanan ke Hong Kong tak lama sebelum itu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, tambah surat kabar itu.

Diwartakan Reuters hingga Nikkei, itu adalah perjalanan luar negeri pertama Ma selama dalam lebih dari setahun. Ma sempat menghilang dari mata publik pada akhir 2020 usai ‘cekcok’ dengan regulator China.

Perjalanannya itu telah menunjukkan bahwa Beijing mungkin mengurangi tekanan pada salah satu target utama tindakan kerasnya terhadap perusahaan teknologi besar.

Ma terlibat sengketa dengan pemerintah Presiden Xi Jinping atas komentar kritis tahun lalu. Komentar menyinggung termasuk pidato pada Oktober di mana Ma mengatakan ‘inovasi yang baik tidak takut pada peraturan, tetapi takut pada peraturan yang ketinggalan zaman’.

Segera setelah itu, regulator memaksa afiliasi Alibaba, Ant Financial untuk menunda penawaran umum perdana (IPO) senilai USD 37 miliar (Rp522 triliun) yang dijadwalkan untuk bulan berikutnya. Alibaba sendiri telah menghadapi pengawasan antimonopoli, dan dipukul dengan rekor denda pada bulan April.

Ma, yang biasanya sering bepergian di dalam dan di luar China, kemudian mendadak raib dari mata publik. Padahal Ma, yang pensiun sebagai ketua Alibaba pada 2019, dikenal sebagai seorang penjelajah dunia dan tidak ‘malu’ jadi pusat perhatian.

Beberapa laporan hanya menunjukkan penampakannya di acara-acara perusahaan. Sementara, sejumlah media lainnya mengindikasikan bahwa Ma dilarang bepergian ke luar negeri.

Hingga pada Selasa, Ma tertangkap ‘mata’ media.

 

JAIME REINA /AFP

Surat kabar Diario de Mallorca mengatakan Ma terlihat pada Selasa di pelabuhan Andratx membeli dekorasi rumah di toko lokal.

Di Negeri Matador, Ma bepergian dengan ‘SuperYacht Zen’. Itu adalah kapal pesiar motor lima dek yang ramping dan membungkuk vertikal, berukuran 88 meter, dan dapat menampung hingga 16 tamu dan 25 awak. Menurut edisi Superyacht Times, SuperYacht Zen dibangun di Belanda dan dikirim pada bulan April.

Kata media Spanyol, Superyacht Zen milik Ma itu telah bergerak di sepanjang pantai barat laut Mallorca selama beberapa hari terakhir. Pada Selasa, kapal mewah itu berada di kota Andratx.

Lalu pada Rabunya, kapal itu mulai berlabuh di dekat kota pantai Santa Ponsa. Namun, seorang juru kamera Reuters hanya dapat melihat perahu-perahu pendukung yang lebih kecil kembali ke superyacht dari pantai dalam keadaan kosong. Ma tidak terlihat saat itu.

Tanpa mengutip sumber apa pun, surat kabar El Pais menambahkan info bahwa Ma telah mengunjungi Kepulauan Balearic Spanyol sejak Sabtu (16/10). Dikatakan pula bagaimana di Spanyol, Ma ditemani oleh berbagai pebisnis China dan detail keamanannya.

Saham Alibaba melonjak sebanyak 9 persen di Hong Kong pada hari Rabu setelah berita kunjungan Ma ke Spanyol. Menurut para pialang, investor melihat perjalanan Ma itu sebagai bahwa Beijing telah melonggarkan pengawasannya terhadap perusahaan Ma.

“Ini adalah indikasi yang jelas bahwa regulator (Cina) telah menyelesaikan masalah mereka dengan Alibaba,” kata seorang pemegang saham mengutip SCMP.•

Meski begitu, tantangan Ma masih jauh dari kata selesai. Ant sedang melakukan restrukturisasi di bawah pengawasan regulator keuangan. Sementara, beberapa perusahaan e-commerce raksasa China tengah berada di bawah tekanan peraturan yang mengurangi kekuatan pendapatan mereka.

 

 

 

(Sc : Akurat.co)

Check Also

Gonta-ganti Seragam Satpam: Dulu Putih Ganti Cokelat, Dibilang Mirip Polisi, Kini Jadi Krem

JEVPEDIA.COM – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan kembali mengubah warna seragam Satuan Pengamanan atau Satpam. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *