Kotoran Paus sampai Gajah, 5 Kotoran Hewan Ini Dihargai Sangat Mahal Mencapai Puluhan Miliar

JEVPEDIA.COM – Ternyata, enggak selamanya kotoran itu menjadi hal yang menjijikkan loh. Ada beberapa jenis kotoran yang punya nilai jual tinggi, malah bisa dihargai hingga miliaran rupiah. Bahkan, beberapa kotoran yang akan dibahas di Boombastis.com berikut ini, menjadi benda yang paling dicari oleh manusia.

Kotoran ini juga tidak dibeli tanpa tujuan, tetapi dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Kotoran apa saja ya kira-kira yang harganya super duper mahal ini? Yuk, simak dalam ulasan berikut ini!

1. Ambergis alias muntahan ikan paus

Yap, ambergis ada di urutan pertama sebagai kotoran paling mahal yang pernah ada di dunia. ambergis ini dikenal sebagai harta karun laut atau emasnya lautan, karena sangat susah didapat dan harganya yang luar biasa fantastis.

Meski disebut sebagai muntahan, ambergis sebenarnya merupakan feses yang dihasilkan oleh paus sperma atau paus kepala otak.

Ambergis ini dihasilkan dari makanan keras yang diolah menjadi zat solid. Saat paus memakan cumi-cumi besar atau makanan keras lain, usus paus akan mengolahnya menjadi zat yang kemudian disebut dengan ambergis.

Ambergis ini tersimpan di usus selama bertahun-tahun, sebelum kemudian dikeluarkan melalui anus. Saat dikeluarkan, alih-alih berbau seperti tinja, ambergis punya bau wangi yang bisa dijadikan sebagai bahan baku produk parfum atau deodoran.

Ambergis ini harganya bisa sampai puluhan miliar, loh. Tiga nelayan Oman pernah menemukan Ambergis seberat 80 kg pada tahun 2016 lalu. Alhasil, mereka kaya mendadak karena Ambergis tersebut dihargai USD 30 juta atau setara Rp42 miliar.

2. Kotoran gajah yang menghasilkan Black Ivory

List kotoran termahal berikutnya adalah kotoran gajah. Sama halnya dengan luwak yang menghasilkan kopi, kotoran gajah ini juga menghasilkan kopi paling mahal di dunia. Kopi tersebut adalah Black Ivory, biji kopi yang dihasilkan bersamaan dengan kotoran gajah.

Black Ivory ini banyak ditemukan di bagian utara Asia Tenggara yang meliputi Myanmar, utara Laos, serta bagian utara Thailand. Pada tahun 2018 lalu, per pon Black Ivory dibanderol lebih dari USD500 atau setara Rp7,1 juta. Satu cangkir Black Ivory yang sudah menjadi kopi dihargai sekitar Rp710 ribu.

3. Guano atau gabungan dari beberapa kotoran hewan

Guano merupakan gabungan dari beberapa kotoran hewan, yaitu kelelawar, burung laut, dan jangkrik, yang kemudian diolah menjadi produk untuk pupuk. Guano ini sudah diolah oleh manusia sejak abad ke-19.

Bahkan, menjadi hal yang paling diburu oleh pemerintahan Amerika dan Eropa. Amerika pernah membuat UU Guano Island Act atau UU Kepulauan Guano, yang isinya setiap warga AS berhak mengambil guano di pulau tersebut. Harga guano ini juga dinilai tinggi pada masanya, yaitu sekitar USD 55 per 14 pon atau sekitar Rp56 ribu per pon.

4. Kotoran Panda yang dijadikan sebagai bahan campuran teh

An Penshi, salah satu profesor dari Universitas Sichuan China, yang menjadi pelopor terkenalnya teh dengan campuran pupuk kotoran panda. Teh yang diseduh dengan pupuk yang tercampur kotoran panda, dipercaya bisa mencegah penyakit kanker.

Saat dipatenkan pada tahun 2011 lalu, kotoran panda ini dihargai hinga USD 69 ribu atau setara Rp980,8 juta per kilonya. Saat sudah diolah menjadi teh, harga per cangkirnya USD 200 atau sekitar Rp2,8 juta. Dengan harga itu, teh kotoran panda dinobatkan sebagai teh yang paling mahal di dunia.

5. Sperma kuda, harganya capai puluhan juta

Kotoran paling mahal berikutnya adalah sperma kuda. Sperma ini akan bertambah mahal jika kudanya merupakan kuda jantan yang pernah memenangkan lomba. Pada tahun 2015 lalu, sperma kuda American Pharoah pemenang Triple Crown dihargai dengan  $200.000 (setara Rp2,8 miliar) untuk dikawinkan dengan kuda betina.

Gak heran kalau satu galon sperma kuda, mencapai 4,7 juta dolar atau setara Rp66 miliar. Setelah diambil, sperma kuda tersebut akan dimasukkan ke dalam tabung kecil, dibekukan terlebih dahulu. Sperma akan dipakai bila sudah diperlukan.

 

(Sc : Boombastis)

Check Also

Salah Satu 3D Artist Indonesia Ada di Proyek Spider-Man: No Way Home

JEVPEDIA.COM – Spiderman: No Way Homebisa dibilang merupakan salah satu film paling sukses di tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *