Jerome Kerviel, Terjerat Hutang Rp90 Triliun Sejak Muda Dan Dianggap Orang Termiskin Di Dunia

JEVPEDIA – Berbicara soal orang terkaya di dunia sudah biasa, nama Jeff Bezos atau Elon Musk pasti muncul saat membahas topik ini. Namun, jika ada orang terkaya di dunia, apakah ada orang termiskin di dunia?

Kali ini Jaka bakal membahas sosok yang selama ini dipanggil sebagai orang termiskin di dunia. Pasalnya, hutang yang ia miliki akan langsung menghabiskan pendapatan yang dimilikinya.

Ia adalah Jerome Kerviel, pada usia mudanya ia sudah terjerat dengan hutang senilai 6,3 miliar dollar AS (Rp 90 Triliun)! Angka yang sangat fantastis bukan? Seperti apa sih kisahnya sampai dia bisa berhutang sebegitu besarnya?

Hal ini bermula ketika Siociete Generale (SocGen), salah satu bank terbesar asal Prancis yang geger saat mengungkap terdapat seorang pedagang saham yang membuat transaksi fiktif secara masif.

Pemalsuan Posisi Pialang

Orang Termiskin Di Indonesia F418a

Pihak Siociete Generale mendapati akun yang melakukan aktivitas perdagangan secara curang tersebut pada 19 Januari 2008.

Selanjutnya, dalam tiga hari berikutnya mereka berusaha melepas semua posisi yang kalah. Ketika perusahaan sudah membereskan seluruh perdagangan yang dianggap merugikan.

Mereka baru terkejut setelah menyadari kalau angka kerugian yang didapati teramat besar. Mengutip dari The Guardian, SocGen menguak kalau pialang bursa Prancis ini sudah membobol bank sampai sebesar Rp67 triliun kala itu.

Pria yang kala itu masih berusia 31 tahun tersebut juga ditekankan sudah mengambil posisi tak sah pada bursa berjangka, seperti yang dijelaskan oleh pihak bank.

Pada tahun 2010, hakim memvonis dirinya sebagai pencipta sistem jaringan penipuan. Walau begitu, melalui pengacaranya, Kerviel menolak tuduhan tersebut.

Bahkan Kerviel malah bersikeras kalau dirinya sukses membawa keuntungan sebesar 1,4 miliar Euro (kira-kira Rp 24 triliun lebih) bagi Siociete Generale.

Pada akhirnya, Kerviel dinyatakan bersalah dengan tuduhan pelanggaran kepercayaan, pemalsuan, dan penggunaan komputer yang ilegal.

Setelah proses hukum yang cukup berlarut-larut, dirinya dijatuhi dengan hukuman penjara ditambah dengan harus membayar hutang sebesar 6,3 miliar dollar AS.

Pada putusan hukum itu hakim menyakini kalau Karviel secara sadar dan pasti mengetahui apa yang telah dilakukannya sudah melampaui izin menjadi pialang dan bahkan menyembunyikan posisi trading-nya.

“Kerviel dengan sengaja melampaui izinnya sebagai pialang,” terang hakim ketua, Dominique Pauthe seperti dikutip dari dalam Reuters.

Penyelidikan Besar-besaran

Orang Termiskin Di Dunia Chord Fad2e

Francois Fillon, Perdana Menteri Prancis kala itu, sampai memberi sorotan khusus terhadap kasus tersebut.

Saat ia berbicara dalam Forum Ekonomi Dunia, dirinya sampai-sampai berusaha meyakinkan pasar agar tak panik pada kasus yang dihadapi SocGen.

Tak cuma itu Bank of France sampai harus menyelenggarakan penyelidikan hingga pemerintah Prancis mengikuti situasi itu dengan “perhatian yang sangat, sangat besar,” menurut pengakuan Fillon terhadap wartawan.

“Siociete Generale harus menangani kasus penipuan yang sangat besar. Ini adalah kasus yang serius tetapi pada saat yang sama tidak ada hubungannya dengan situasi di pasar keuangan,” tuturnya.

Apakah kamu menganggap kalau sosok Kerviel adalah orang yang jenius? Jawabannya tidak, dia memang pernah mengambil pendidikan di University of Lyon II, Prancis dan lulus di tahun 2000 dengan nilai rata-rata.

Namun, kala itu dia digambarkan sebagai sosok yang pemalu. Tak ada hal istimewa dan menonjol dari diri Kerviel tersebut.

 

 

Sumber : Jalantikus.com

Check Also

Ferdinand Hutahaean Dipolisikan Terkait Cuitan ‘Allahmu Lemah’

JEVPEDIA.COM – Ferdinand Hutahaean dilaporkan ke kepolisian oleh organisasi masyarakat (Ormas) Islam di Makassar, Sulawesi Selatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *