Inilah 10 Alasan yang Bikin Seseorang Selalu Ngerasa Capek

JEVPEDIA.COM – Ngerasa capek udah merupakan hal yang wajar dialami seseorang, apalagi jika ia punya segudang aktivitas.

Namun jika rasa capek atau lelah yang kalian alami berlangsung secara terus-menerus, bahkan saat kalian nggak ngapa-ngapain, bisa jadi ada yang salah pada kebiasaan kalian.

Hal semacam ini memang menimpa nggak hanya orang dewasa, tetapi juga anak muda. Penelitian melaporkan, sekitar 1/3 remaja, dewasa dan lansia merasa selalu mengantuk dan kelelahan.

Kelelahan adalah gejala umum dari beberapa kondisi dan penyakit serius. Namun dalam kebanyakan kasus, hal ini disebabkan oleh faktor gaya hidup yang mungkin nggak kalian sadari.

Melansir Healthline pada Selasa (3/8/2021), ada 10 alasan yang bisa bikin kalian selalu ngerasa kelelahan.

1. Mengonsumsi terlalu banyak karbo halus

Mengkonsumsi karbohidrat olahan dapat menyebabkan kadar gula darah nggak stabil, yang dapat membuat kalian merasa lelah. Sebaliknya, pilihlah makanan utuh yang berdampak minimal terhadap gula darah kalian.

2. Kurang gerak

Tubuh yang kurang gerak dapat berimbas pada kelelahan pada orang sehat, serta orang-orang dengan sindrom kelelahan kronis atau masalah kesehatan lainnya.

Jadi, kalian mesti lebih aktif dapat membantu meningkatkan tingkat energi.

3. Kurangnya tidur yang berkualitas

Tidur yang nggak memadai atau berkualitas buruk adalah penyebab umum kelelahan. Mendapatkan beberapa jam tidur tanpa gangguan memungkinkan tubuh dan otak kalian untuk mengisi ulang, memungkinkan kalian untuk merasa berenergi di siang hari.

4. Alergi makanan tertentu

Alergi makanan dapat menyebabkan kelelahan atau kekurangan energi karena bikin kalian nggak mendapatkan nutrisi dari makanan tertentu—misalnya telur, susu dan jagung.

Solusinya, kalian bisa menerapkan diet eliminasi makanan yang dapat membantu kalian menentukan makanan mana yang sensitif bagi kalian.

5. Kekurangan kalori

Tubuh kalian membutuhkan jumlah kalori minimum untuk melakukan fungsi sehari-hari.

Mengkonsumsi terlalu sedikit kalori dapat menyebabkan kelelahan dan mempersulit pemenuhan kebutuhan nutrisi.

6. Jadwal tidur yang salah

Tidur di siang hari dapat mengganggu ritme alami tubuh kalian dan menyebabkan kelelahan. Cobalah untuk tidur di malam hari atau latih kembali jam tubuh kalian.

7. Kekurangan protein

Mengkonsumsi protein yang cukup penting untuk menjaga metabolisme kalian dan mencegah kelelahan. Sebisa mungkin, tambahkan sumber protein yang baik setiap kali makan.

8. Nggak cukup minum

Bahkan dehidrasi ringan dapat mengurangi tingkat energi dan kewaspadaan. Pastikan untuk minum cukup untuk menggantikan cairan yang hilang di siang hari.

9. Ketergantungan pada minuman berenergi

Minuman energi mengandung kafein dan bahan-bahan lain yang dapat memberikan dorongan energi sementara, tetapi sering kali menyebabkan kelelahan kembali.

10. Level stres yang tinggi

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan kelelahan dan menurunkan kualitas hidup kalian. Mempraktikkan teknik pengurangan stres dapat membantu meningkatkan tingkat energi kalian. (Sc : hai.online)

Check Also

Salah Satu 3D Artist Indonesia Ada di Proyek Spider-Man: No Way Home

JEVPEDIA.COM – Spiderman: No Way Homebisa dibilang merupakan salah satu film paling sukses di tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *