Ilustrasi. India mengirimkan bantuan oksigen untuk Indonesia.* /REUTERS/Danish Siddiqui

Balas Budi, India Kirim Bantuan Oksigen untuk Indonesia

JEVPEDIA.COM – India sebelumnya dihantam krisis pasokan oksigen usai mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Pada saat itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang memberikan bantuan medis berupa 2.000 unit tabung oksigen ke India.

Kini giliran negeri Taj Mahal ini membalas bantuan Indonesia. Baru-baru ini, India telah mengirimkan kapal Angkatan Laut miliknya (INS) ke Indonesia.

Baca Juga: Masjid Myanmar Sediakan Isi Ulang Tabung Oksigen, Tersedia bagi Agama Apa pun

Kapal INS tersebut memuat 300 konsentrator oksigen dan 100 metrik ton oksigen liquid untuk Indonesia.

Bantuan tersebut menandai kali pertamanya India mengirimkan bantuan medis ke luar negeri pasca pulih dari gelombang kedua Covid-19 yang terjadi pada April hingga Mei lalu.

Diketahui, kapal tersebut telah berangkat pada 16 Juli, namun mengalami keterlambatan.

Kendati demikian, Menteri Luar Negeri India, S. Jaishankar mengungkapkan bahwa kapal tersebut akan segera tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

“Update: Ada keterlambatan kedatangan INS Airawat mencapai Tanjung Priok, Indonesia, membawa 300 oksigen konsentrator & 100 MT Liquid Medical Oxygen dari India,” cuitnya.

“India berdiri bersama mitranya dalam perang melawan Covid,” lanjutnya dikutip PikiranRakyat-Bekasi.com dari akun Twitter @DrSJaishankar pada Selasa, 20 Juli 2021.

Seperti yang diketahui, kasus infeksi dan kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencetak rekor dalam beberapa pekan terakhir.

Diberitakan Reuters, para ahli kesehatan dari berbagai negara menyebut Indonesia sebagai episenter baru Covid-19 di Asia.

Pasalnya, Indonesia saat ini tengah dihadapkan dengan penyebaran Covid-19 varian Delta yang jauh lebih ganas.(Sc : pikiran rakyat)

Check Also

Kisah Pilu Wanita yang Jadi Budak Seks ISIS, Tak Sadar Makan Bayinya Sendiri Dihidangkan dengan Nasi

JEVPEDIA.COM – Kejadian memilukan dialami oleh seorang wanita yang dijadikan sebagai budak seks ISIS.Kisah wanita …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *