Alasan Utama Kamu Disarankan Puasa Senin Kamis, Ini Bukan Ibadah Sembarangan

JEVPEDIA.COM – Puasa Senin Kamis salah satu ibadah sunnah paling dianjurkan dalam Islam. Sebab Puasa Senin Kamis punya manfaat besar, termasuk manfaat untuk tubuh manusia.

Puasa Senin Kamis dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bagi para umat muslim tingkatkan amal ibadah dengan puasa senin kamis.

Berikut keutamaan Puasa Senin Kamis:

1. Melatih Kesabaran

Puasa sunan senin kamis juga melatih kesabaran serta hawa nafsu bagi siapa saja yang mengerjakannya. Selain itu, puasa sunan senin kamis juga meningkatkan kemauan dalam mengerjakan amalan-amalan baik lainnya kepada Allah SWT.

2. Hari Kelahiran Rasulullah SAW

Hari Senin adalah hari kelahiran Rasulullah SAW. Oleh karena itu, disunahkan untuk seluruh umat muslim melakukan ibadah puasa pada hari tersebut, diikuti dengan amalan-amalan baik lainnya seperti beshalawat, berdzikir, dan membaca Al Quran.

3. Hari Diangkatnya Amal

Senin dan Kamis adalah hari di mana dilaporkannya amalan manusia kepada Allah SWT. Oleh karena itu, pada dua hari tersebut dianjurkan untuk berpuasa sunah.

Imam Tirmidzi meriwayatkan hadis bersumber dari Abi Hurairah, yang berbunyi sebagai berikut.

“Berbagai amalan dilaporkan (kepada Allah) pada hari Senin Kamis, maka aku suka apabila amalanku dilaporkan kala aku sedang menjalankan ibadah puasa.”

4. Dibukakan Pintu Surga

Keutamaan puasa senin kamis berikutnya dan yang paling dahsyat. Hari senin dan kamis adalah hari dibukanya pintu surga. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis yang diriwayatkan Imam muslim, yang bersumber dari Abi Hurairah.

Pintu surga dibuka hari Senin kamis. Tiap hamba yang menjauhi syirik pada Allah meski sedikit pun maka akan dosanya akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali bagi seseorang yang mempunyai pertengkaran/permusuhan antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan disampaikan pada mereka, akhiri urusan mereka hingga mereka berdua berdamai, akhiri urusan mereka hingga mereka berdua berdamai.”

Itu tadi alasan umat muslim sangat dianjurkan puasa Senin Kamis.

(Ulil Azmi)

 

 

(Sc : Suara.com)

Check Also

Berhubungan Seks saat Istri Menstruasi, Ustadz Fauzan Amin: Haram!

JEVPEDIA.COM – Mansyardin Malik, ayah Taqy Malik terseret kasus dugaan penyimpangan seksual. Mansyardin diduga berhubungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *