Stadion Lukas Enembe, salah satu venue PON XX Papua. (Dok foto: Jayapurakab.go.id)

6 Lokasi Wisata di Sentani Dekat Venue PON Papua

JEVPEDIA.COM – Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura menjadi salah satu lokasi pelaksanaan PON XX Papua yang dilaksanakan Oktober 2021.

 

Ada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan di Sentani, yakni akuatik, sepak bola, bulu tangkis, kriket, dayung, hoki lapanga, hoki ruangan, senam, tarung drajat, Wushu, Rugby, menembak out door, menembak in door, softball dan baseball.
Bagi tamu yang sudah datang jauh dari luar Papua, pasti tak ingin terlewatkan untuk menikmati keindahan alam dan wisata Papua.
Untuk memanjakan tamu PON, pemerintah Kabupaten Jayapura menyediakan sejumlah destinasi wisata yang patutu dikunjungi. Berikut 6 spot lokasi wisata di Sentani yang berdekatan dengan venue PON.
1. Traking di Kampung Yokiwa dan Puay
Lokasi traking di Kampung Yokiwa, Sentani. (Dok: Humas Pemkab Jayapura)
Dua kampung mulai ditata untuk destinasi wisata baru bagi tamu PON Papua. Traking di dua kampung ini disiapkan oleh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua. Traking yang disiapkan sepanjang 240 meter, mengelilingi kampung.
Kepala Kampung Yokiwa, Rudi Awoitauw menjelaskan tamu yang datang ke lokasi ini akan disuguhkan dengan tari isosolo dan beberapa tarian lokal lainnya.
“Termasuk kuliner lokal akan memanjakan lidah para tamu jika berkunjung ke lokasi ini,” jelasnya.
2. Danau Love
Danau Love di Kabupaten Jayapura, jadi destinasi baru terpopuler Indonesia. (pedoman wisata.com)
Danau Love dalam bahasa daerah setempat disebut Danau Emfote. Emfote berarti air di tempat yang tinggi. Lokasinya sangat instagramable, berada di ketinggian. Danau Emfote terletak di sebelah selatan Danau Sentani, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura. Untuk menuju Danau Emfote, dari tepi Danau Sentani berjalan sekitar satu jam menyusuri jalan alternatif.
3. Kampung Abar
Pengrajin gerabah di Kampung Abar Sentani. (Dok Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua)
Abar merupakan kampung destinasi wisata di Abar terletak di tepi selatan Danau Sentani. Untuk menjangkau kampung ini harus naik perahu dari Dermaga Yahim sekitar 15 menit. Waktu tempuh ke Kampung Abar dari Bandara Sentani menacapi 25 menit.
Abar dikenal sebagai kampung penghasil gerabah tradisional satu-satunya di Papua. Sebagai destinasi wisata, sejak pandemi COVID-19, Abar sampai saat ini masih zona hijau atau nol pasien COVID-19.
4. Pantai Khalkote
Tarian perahu yang biasa dilakukan pada Festival Danau Sentani yang biasa dilaksanakan di Pantai Khalkote (Bumipapua.com/Lazore)
Pantai Khalkote bisa ditempuh dengan berjalan kaki, naik motor ataupun naik mobil. Jaraknya sekitar 5-10 menit ditempuh dari Stadion Lukas Enembe.
Pantai Khalkote biasa menjadi lokasi Festivasl Danau Sentani yang setiap tahun rutin dilaksanakan oleh Pemkab Jayapura. Hanya saja, sepanjang 2 tahun pandemi COVID-19 di Jayapura, festival yang berisi budaya Sentani ini terhenti.
5. Situs Megalitik Tutari
Situs Tutari yang berada di ketinggian Kampung Doyo Lama, Sentani. (Dok Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua)
Letak situs peninggalam zaman neolitik akhir, berada di areal perbukitan di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.
Pada zaman itu, manusia sudah mulai hidup bercocok tanam, berkelompok, menetap, dan tinggal bersama dalam kampung. Sejarah kebudayaannya terlihat dari peninggalan-peninggalan yang ada di Situs Megalitik Tutari.
6. Danau Sentani
Danau Sentani yang diambil dari ketinggian pesawat udara. (BumiPapua.com/Katharina)

 

Hamparan Danau Sentani selalu terlihat jika anda hendak landing di Bandara Sentani, pintu masuk ke Kota dan Kabupaten Jayapura.
Danau Sentani terbentang di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan berada pada ketinggian sekitar 75 meter di atas permukaan laut.
Ada sekitar 24 kampung yang tersebar di Danau Sentani. Masing-masing punya keunikan tradisi. Kamu bisa mengunjungi kampung-kampung ini menggunakan perahu motor yang ada di dermaga Pantai Khalkote atau Dermaga Yahim. (Sc : Kumparan)

Check Also

Ferdinand Hutahaean Dipolisikan Terkait Cuitan ‘Allahmu Lemah’

JEVPEDIA.COM – Ferdinand Hutahaean¬†dilaporkan ke kepolisian oleh organisasi masyarakat (Ormas) Islam di Makassar, Sulawesi Selatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *