Ilustrasi teman iri atas pencapaianmu. Foto: Shutterstock

5 Tanda Temanmu Sebenarnya Iri Atas Pencapaianmu

JEVPEDIA.COM – Kamu mungkin telah berhasil meraih suatu pencapaian, entah itu promosi jabatan, membeli mobil baru, atau lainnya. Orang-orang terdekat kamu memberikan selamat atas hal itu. Namun, ada satu atau segelintir teman yang bisa jadi iri atas pencapaian kamu.

Rasa iri tersebut mungkin tidak diungkapkan secara gamblang. Mengutip Bustle, para ahli juga mengatakan bahwa orang-orang jarang merasa nyaman untuk mengakui bahwa mereka merasa iri.
Saat berhasil meraih suatu mimpi, kamu mungkin hanya merasakan beberapa teman mulai menjauh. Konselor profesional asal Texas, Amerika Serikat (AS), Heidi McBain, LMFT pun menyatakan bahwa perilaku tersebut sebenarnya merupakan bentuk dari ketidaknyamanan mereka.
Tidak cuma itu, ada beberapa tanda lain yang menunjukkan seorang teman iri atas pencapaian kamu, Ladies.

1. Mereka merasa dunia tidak adil

Apakah teman-teman kamu adalah tipe orang yang selalu bicara bahwa segala sesuatunya berjalan tidak adil. Jika ya, ini adalah salah satu ciri dari orang-orang yang mudah iri.
Liz Kelly LICSW, seorang terapis di platform kesehatan mental Talkspace, mengatakan kepada Bustle, “Ada kemungkinan besar teman kamu iri padamu jika mereka sering merasa bahwa hidup ini tidak adil.”
Mereka sering kali menggunakan istilah ini untuk menyalahkan keadaan di luar atas apa yang tidak bisa mereka capai. Nyatanya, kamu dan mereka sebenarnya memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai apa pun.

2. Mereka tidak menghargai keputusan kamu

Seorang teman yang iri akan terus-menerus mengkritik tindakan atau keputusan kamu. Bila seorang teman selalu membuat kamu merasa bersalah atas keputusan yang kamu ambil, ini bisa menjadi tanda bahwa dia benar-benar iri terhadap kamu.

3. Mereka mencoba menjatuhkanmu

5 Tanda Temanmu Sebenarnya Iri Atas Pencapaianmu (1)

Saat mendapatkan promosi jabatan, kamu tentu langsung ingin menyampaikan kabar gembira ini kepada banyak orang. Namun, orang-orang yang iri atas pencapaianmu akan mengubah kabar baik itu menjadi hal buruk. Ia akan mencoba menjatuhkanmu.

4. Mengecilkan prestasi yang kamu raih

Tanda seseorang iri atas pencapaianmu adalah mereka mengecilkan prestasi yang kamu raih. Kamu mungkin berhasil mendapatkan kenaikan gaji dan ini adalah pencapaian yang besar.
Namun, orang-orang yang iri kepadamu akan mengecilkan prestasimu dengan berkata, “Banyak orang juga mendapatkan kenaikan gaji tahun ini.”

5. Mereka menghindar

Orang-orang yang iri kepadamu mungkin ikut merayakan pencapaianmu. Namun, kamu tidak dapat mengontaknya lagi setelah beberapa hari. Menurut para ahli, menghindar dan tidak ingin menghabiskan waktu bersama kamu lagi bisa menjadi tanda bahwa seseorang iri kepadamu. Melihat pencapaian kamu menciptakan perasaan negatif bagi mereka. Karena itu, teman kamu memilih menghindarimu. (Sc : Kumparan)

Check Also

5 Hal yang Sering Bikin Pasangan Kesal, Tapi Jarang Diungkapkan!

JEVPEDIA.COM – Pasangan bisa menjadi seseorang yang membuat harimu penuh dengan warna. Hubungan yang sehat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *