5 Penyebab Jerawat di Badan dan Cara Menghilangkannya dengan Alami

JEVPEDIA.COM – Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan karena pori-pori yang tersumbat, akibat produksi minyak yang berlebih dan infeksi bakteri jerawat di kulit. Biasanya jerawat tumbuh di area wajah yang banyak minyaknya. Tetapi jerawat juga bisa muncul di badan.

Jerawat yang muncul di badan juga disebabkan karena pori-pori yang tersumbat biang keringat, jamur atau kotoran yang muncul di sekitar tubuh. Jerawat di badan juga bisa disebabkan karena jarang mandi, sehingga badan kotor dan bisa ditumbuhi bakteri penyebab jerawat.

Jerawat di seluruh badan ini, bisa diatasi dengan merawat tubuh dan menggunakan body care yang tepat. Agar terhindar dari tumbuhnya jerawat di badan, yuk hindari penyebab jerawat di badan berikut ini:

Penyebab Jerawat di Badan

1. Produksi Minyak Berlebih

Penyebab utama munculnya jerawat di badan, yaitu disebabkan karena produksi minyak berlebihan yang dihasilkan kelenjar sebaceous. Sehingga membuat pori-pori menjadi tersumbat dan memicu munculnya jerawat di badan. Produksi minyak berlebih bisa disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak dan terlalu manis.

2. Perubahan Hormon

Jerawat di badan juga bisa muncul akibat terjadi perubahan hormon yang dialami perempuan, apalagi jika memasuki masa haid, masa kehamilan, masa menyusui dan menapouse. Penyebab yang satu ini sangat normal terjadi, dan jerawat bisa hilang setelah hormon pada perempuan kembali normal.

3. Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Selain itu, jarawat di badan juga disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat antidepresan, suplemen bubuk protein, suplemen yang mengandung hormon atau pil KB. Untuk itu konsultasikan pada dokter, sebelum mengonsumsi obat-obatan yang memberikan efek samping jerawat.

4. Faktor Keturunan

Jerawat di badan juga bisa disebabkan karena adanya faktor keturunan atau genetika. Jika di dalam anggota keluarga ada yang memiliki jenis kulit berminyak, sehingga kamu bisa memiliki jenis kulit yang sama dan cenderung berjerawat.

5. Jarang Mandi

Penyebab jerawat di badan yang terakhir, yaitu karena jarang mandi atau membersihkan badan setelah beraktivitas. Ada banyak kuman, bakteri, keringat dan kotoran yang menempel di tubuh, sehingga harus mandi menggunakan body care yang tepat. Jangan lupa juga untuk mengganti pakaianmu yang sudah basah karena keringat.

Cara Menghilangkan Jerawat di Badan dengan Bahan Alami

ilustrasi jerawat badan/Africa Studio/shutterstock

1. Minyak Pohon Teh

Jerawat di badan bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami seperti minyak pohon teh atau tea tree oil. Bahan alami ini memiliki fungsi untuk mengurangi jerawat dan mencegah munculnya jerawat baru.

Cara menggunakannya dengan mengaplikasikan 7 tetes minyak pohon teh yang dicampur 1 tetes minyak kelapa, lalu gosokkan ke area badan yang ditumbuhi jerawat di malam hari, dan bersihkan dengan sabun mandi di esok hari.

2. Lidah Buaya

Bahan alami yang selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan antiinflamasi, yang bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke jerawat di badan. Kemudian diamkan selama 30 menit sebelum mandi di sore hari, dan lakukan secara berulang maksimal 3 kali dalam seminggu.

3. Lemon

Air perasan jeruk lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di badan. Karena air perasan jeruk lemon mengandung antioksidan dan vitamin C.

Gunakan kapas yang sudah direndam dengan air perasan jeruk lemon, lalu oleskan ke seluruh area badan yang terdapat jerawat. Lalu bilas saat mandi sampai bersih.

 

 

 

(Sc : Fimela)

Check Also

Salah Satu 3D Artist Indonesia Ada di Proyek Spider-Man: No Way Home

JEVPEDIA.COM – Spiderman: No Way Homebisa dibilang merupakan salah satu film paling sukses di tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *