5 Orang Super Tajir yang Ogah Wariskan Harta Kekayaan untuk Anaknya

JEVPEDIA.COM – Setiap orang tua bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mempersiapkan masa depan terbaik bukan hanya untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk anaknya.

Tak terkecuali para selebriti yang banting tulang melakoni kesibukan di dunia hiburan, geng.

Harta berlimpah yang mereka dapatkan dari profesinya sebagai artis digunakan untuk menjalani hidup yang serba berkecukupan dan memfasilitasi sang anak, contohnya dengan memberi uang jajan berlimpah.

Menjadi anak selebriti juga sepantasnya membuat anak-anak tersebut mendapatkan warisan, tetapi ternyata itu tak selamanya benar.

Anehnya, deretan selebriti berikut malah ogah mewariskan harta kekayaannya untuk sang anak. Hmmm… Kok begitu, ya?

1. Jackie Chan

Jackie Chan B0388

Aktor laga kawakan Jackie Chan punya karir akting yang gemilang dan tentu saja harta yang berlimpah sebagai hasilnya.

Namun siapa sangka bahwa aktor “Rush Hour” dan “The Tuxedo” ini secara tegas menolak untuk mewariskan hartanya kepada anak-anaknya sendiri.

Ia justru mantap untuk mendonasikan seluruh kekayaannya yang dilaporkan mencapai USD350 juta tersebut untuk beramal.

Dalam sebuah kesempatan, Chan pernah menjelaskan bahwa alasan ia enggan memberi anak-anaknya warisan harta adalah karena mereka akan mampu mencari uang jika mereka memiliki kemampuan, namun jika mereka tidak dapat melakukannya, anak-anaknya hanya akan membuang-buang uangnya saja.

Tentu apa yang dimaksud aktor berusia 67 tahun tersebut adalah untuk memastikan bahwa anak-anaknya tak aji mumpung dan malas bekerja.

2. Bill Gates

Bill Gates 48efc

Walau anak-anaknya masih sangat muda, Bill Gates dan mantan istrinya, Melinda telah mengatur perihal warisan yang akan diterima oleh masing-masing anaknya kelak.

Keduanya telah sepakat untuk memberikan warisan dengan nominal sangat kecil, yakni USD10 juta. Meski kedengarannya banyak, nilai tersebut bukanlah apa-apa jika dibandingkan dengan kekayaan Bill yang mencapai USD126 miliar.

Tak bertele-tele, alasan sang ayah enggan mewariskan mereka uang yang begitu banyak adalah karena ia tak ingin anak-anaknya menjadi pemalas.

“Kami ingin mencapai keseimbangan di mana mereka memiliki kebebasan untuk melakukan apa saja tetapi tidak banyak uang yang dicurahkan pada mereka sehingga mereka dapat keluar dan tidak melakukan apa-apa,” ungkap Bill dalam sebuah TED Talk.

3. Philip Seymour Hoffman

Philip Seymour Hoffman F31b5

Aktor yang meninggal di usia 46 tahun karena overdosis obat ini memilih untuk mewariskan seluruh kekayaannya kepada sang istri, Mimi O’Donnell yang ia percaya akan merawat anak-anaknya.

Philip Seymour Hoffman sendiri meninggalkan harta sebesar USD35 juta saat tutup usia pada Februari 2014 lalu.

Akuntan Philip, David Friedman pernah mengatakan bahwa dirinya menyarankan untuk membangun yayasan demi melindungi warisan anak-anak sang aktor yang saat itu masih berusia 10, 7, dan 5 tahun.

Namun ide tersebut langsung ditolak oleh Hoffman yang tak menginginkan anaknya dianggap sebagai anak-anak ‘dana perwalian’.

Ia akhirnya membiarkan sang istri untuk menggunakan kekayaan yang ditinggalkannya sesuai dengan keinginannya sendiri, termasuk jika O’Donnell ingin mewariskannya pada ketiga buah hatinya.

4. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg 1cda0

Menjadi pendiri perusahaan multinasional Bloomberg dan mantan walikota New York, Michael Bloomberg memiliki kekayaan yang sangat banyak – bahkan dirinya merupakan salah satu miliarder di AS.

Dengan kekayaan mencapai USD35 miliar, politisi handal dari Partai Republikan ini tak ingin mewariskan hartanya kepada buah hati yang dikasihinya.

Ia ingin memberikan hampir seluruh kekayaannya ke yayasan yang telah dimilikinya. Bloomberg juga dilaporkan telah menandatangani The Giving Pledge.

“Jika Anda ingin melakukan sesuatu untuk anak-anak Anda dan menunjukkan betapa Anda mencintai mereka, satu-satunya hal terbaik sejauh ini adalah mendukung organisasi yang akan menciptakan dunia yang lebih baik bagi mereka dan anak-anak mereka,” jelas Bloomberg.

5. Warren Buffett

Warren Buffett F28f3

Warren Buffett sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia memegang posisi penting sebagai pemegang saham di Berkshire Hathaway.

Kakek berusia 90 tahun tersebut diketahui memiliki harta kekayaan bersih mencapai USD100 juta, tetapi ia tak bercita-cita untuk memberikan warisan bejibun itu untuk putra-putrinya.

Ia memilih untuk meninggalkan cukup harta agar anak-anaknya dapat memenuhi kebutuhannya, tetapi tak terlalu banyak sampai-sampai mereka tidak perlu melakukan apa-apa (bekerja, red).

Selain itu, Buffett juga telah bersumpah untuk menyumbangkan 99% kekayaannya untuk keperluan filantropi yang mayoritas disalurkan melalui Gates Foundation. (jalantikus.com)

Check Also

Salah Satu 3D Artist Indonesia Ada di Proyek Spider-Man: No Way Home

JEVPEDIA.COM – Spiderman: No Way Homebisa dibilang merupakan salah satu film paling sukses di tahun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *