4 Fakta Segel Solomo, Jimat Orang Yahudi untuk Mengusir Segala Malapetaka dan Bahaya

JEVPEDIA.COM – Jimat memang jadi salah satu barang yang identik bagi orang Indonesia kuno. Tak peduli dari suku mana mereka berasal, ada barang serupa seperti jimat yang bisa ditemui. Barang tersebut dipercaya punya kekuatan magis, untuk menangkal bahaya dan mendatangkan keberuntungan pada pemiliknya.

Bicara soal jimat, ternyata orang Yahudi juga sempat punya barang serupa. Namun uniknya jimat yang mereka miliki ada yang berusia bahkan lebih dari seribu tahun. Lalu kesaktian apa yang dimiliki oleh jimat orang Yahudi ini dan apakah masih dipakai sampai sekarang? Biar gak penasaran simak ulasan berikut ini.

Penemuan jimat kuno orang Yahudi

Sebuah jimat kuno berbentuk lempengan batu akhir-akhir ini jadi bahan pembicaraan. Ya, pasalnya jimat tersebut ternyata milik orang-orang Yahudi, bahkan sudah ada sejak zaman dulu. Dilansir dari laman Kumparan, jimat yang tidak diketahui namanya ini diperkirakan sudah ada sejak 1500 tahun yang lalu.

Ada alasan kuat kenapa jimat ini disebut milik Yahudi, karena tulisan yang tertera di sana. Meskipun ditulis menggunakan bahasa Yunani, namun yang tertulis di sana dibaca IAW punya arti Yahweh, yang merupakan Tuhan orang Yahudi. Penemu dari jimat ini sendiri diketahui telah meninggal dan keluarganya menyerahkan barang kuno itu kepada Otoritas Barang Antik Israel.

Gambar penunggang kuda yang melegenda

Di salah satu sisi jimat ini, ternyata terukir sebuah gambar yang penuh cerita. Ya, digambarkan seorang penunggang kuda yang sedang berlari dan di sekelilingnya seperti memancarkan cahaya. Selain itu juga terlihat seorang wanita tertancap sebuah tombak yang dibawa oleh penunggang kuda tadi.

Nah, di bagian bawah ada sebuah tulisan Yunani, dibaca Yahwe seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya. Jimat ini sendiri ternyata diberi nama Segel Solomo, memakai nama seorang raja yang terkenal bagi kalangan Yahudi. Hal ini menjadi bukti yang lumayan kuat kalau jimat ini merupakan peninggalan Yahudi kuno, karena sempat dianggap barang kuno milik agama dan kepercayaan lain.

Sisi lain yang punya cerita yang tak kalah menarik

Namun siapa sangka, di sisi lain dari jimat ini juga terukir kisah lain. Digambarkan ada sebuah mata yang tertusuk oleh sebuah benda, selain itu ada pula beberapa binatang seperti singa, kalajengking dan lain-lain. Ada pesan pula yang terukir di sana yang juga ditulis menggunakan huruf Yunani, yang kalau dibaca berarti “Satu Tuhan”.

Masing-masing dari gambar dan tulisan ini sebenarnya punya arti sendiri, misalnya si penunggang kuda melawan wanita, yang bisa diartikan sedang berhadapan dengan roh jahat. Jimat itu juga berarti upaya dalam melawan kejahatan yang disimbolkan dengan sebuah mata.

Jadi simbol penangkal kejahatan

Jimat ini ternyata digunakan sebagai simbol untuk menangkal kejahatan dan kemalangan yang menimpa. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, simbol mata yang ada di jimat ini menggambarkan kejahatan. Sebenarnya tidak hanya di jimat ini, banyak bangsa kuno lain yang melambangkan kejahatan dengan sebuah mata.

Biasanya jimat-jimat ini biasanya digunakan untuk perempuan dan anak-anak supaya mereka terhindar dari marabahaya. Uniknya meskipun banyak simbol Yahudi di sana, banyak peneliti awalnya mengira kalau jimat itu peninggalan kristen dan agnostik kuno. Namun fakta kalau jimat ini ditemukan di pemukiman Yahudi, membantah anggapan itu semua.

Jimat Yahudi yang satu ini dianggap salah satu peninggalan kuno di Israel. Hal itu tidak terlepas dari ukiran yang ada dan jejak sejarah yang ditemukannya. Akhirnya jimat ini sendiri akan disimpan sebagai peninggalan sejarah setelah lama dipakai orang.

 

 

(Sc : Boombastis)

 

 

Check Also

Berhubungan Seks saat Istri Menstruasi, Ustadz Fauzan Amin: Haram!

JEVPEDIA.COM – Mansyardin Malik, ayah Taqy Malik terseret kasus dugaan penyimpangan seksual. Mansyardin diduga berhubungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *